Suzuki Indonesia Kurangi Impor Mobil dari India, Ini Alasannya

Suzuki Indonesia Kurangi Impor Mobil dari India, Ini Alasannya

JAKARTA, SENAYANPOST.com –  Sejumlah produk mobil Suzuki yang dipasarkan di Indonesia diimpor dari India, seperti Baleno, Ignis dan SX4. Total penjualan produk Suzuki dari India pada 2019 mencapai 11.399 unit, turun 33,53 persen terhadap penjualan 2018 sebanyak 17.148 unit.

Dilansir Bisnis, Direktur Pemasaran 4W PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) Donny Saputra mengatakan bahwa penurunan penjualan produk India tersebut memang merupakan bagian dari strategi perseroan. Dia menuturkan pihaknya lebih berkonsentrasi untuk menggenjot penjualan produk lokal.

“Jadi secara overall strategi pada 2019 kami memang fokus pada penjualan produk yang kami produksi di Indonesia, karena ini meminimalikan berbagai risiko dari mengandalkan produk impor,” katanya, Rabu (22/1/2020).

Dia menjelaskan dengan berfokus pada produk lokal, Suzuki dapat terhindar dari risiko fluktuasi nilai tukar. Hal ini dapat dilakukan seiring dengan tingginya tingkat kandungan dalam negeri (TKDN) produk lokal Suzuki yang rata-rata berada di atas 85 persen.

“Produk yang kami produksi di sini perputaran modalnya lebih cepat, karena produksi dan delivery di kami. Terakhir juga untuk menjaga harga, dengan mengandalkan produk lokal kami tidak akan semena-mena bisa naikkan harga ke konsumen. Jadi kami minimalikan risiko-risiko tersebut dengan produk lokal,” jelasnya.

Dia menambahkan strategi tersebut dilakukan untuk menghindari dampak dari kondisi geopolitik dan perang dagang yang melibatkan Cina dan Amerika Serikat. Produk lokal dinilai tidak akan terlalu terpangaruh oleh kondisi global.

“Kalau dilihat kan, kita tidak hanya impor tapi juga ekspor ke mereka, ini bagian global suppply chain, baik produk jadi maupun CKD, kenapa fokus kami begitu? Karena kami mau naikkan ekspor, baik CBU maupun parts,” katanya.