SUV Esemka Garuda 1 Segera Meluncur, Berapa Estimasi Harganya?

SUV Esemka Garuda 1 Segera Meluncur, Berapa Estimasi Harganya?

JAKARTA, SENAYANPOST.com – PT Solo Manufaktur Kreasi (SMK) tidak hanya menyiapkan produk kendaraan komersial ringan. Namun juga diketahui memiliki kendaraan penumpang model SUV berbadan bongsor, hal ini diperkuat salah satu SUV Esemka sudah terdaftar di Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB).

Daftar Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 14 Tahun 2019 tentang Penghitungan Dasar Pengenaan Pajak Kendaraan Bermotor dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor Tahun 2019, tertulis merek Esemka Garuda 1.

Dalam daftar lampiran halaman 22, nama Esemka Garuda 1 masuk ke jenis mobil penumpang Minibus. Nomor koding 10365101001, Esemka Garuda 1 dibekali mesin 2.000 cc dengan NJKB Rp 209 juta.

Esemka Garuda 1

Sementara Dasar Perhitungan Pajak Kendaraan Bermotor (DP PKB) Rp 219.400.000, besar kemungkinannya harga mobil ini tidak jauh dari Rp 220 jutaan. Kendati demikian belum ada informasi lebih lanjut terkait spesifikasi yang disematkan pada Esemka Garuda 1 ini.

Sebelumnya, Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU), Marsekal TNI Yuyu Sutisna dan Staf Khusus Presiden Diaz Hendropriyono juga sempat bersentuhan langsung dengan Esemka Garuda 1. Dari sana sedikit demi sedikit interior Esemka Garuda 1 mulai terungkap.

Seperti jok yang telah dilapisi kulit dan dijahit dengan rapi, kemudian di kursi baris kedua terdapat layar hiburan terpasang di bagian belakang serta diberikan aksen pelat tulisan Esemka.

Pihak Esemka sendiri juga menyatakan belum ada rencana dalam waktu dekat untuk meluncurkan mobil SUV-nya. Sebab masih ingin berfokus untuk mengembangkan sayap pikap Bima. (AR)