Survei Ungkap Orang Jerman Lebih Takut dengan Donald Trump Ketimbang Corona

Survei Ungkap Orang Jerman Lebih Takut dengan Donald Trump Ketimbang Corona
Presiden AS Donald Trump

JAKARTA, SENAYANPOST.com - Sebuah lembaga asuransi di Jerman R+V mengumumkan jika mayoritas orang Jerman lebih takut Presiden AS Donald Trump dibanding virus corona. 

Dikutip dari Reuters, Jumat (11/9), berdasarkan survei yang dilakukan R+V, 53 persen penduduk Jerman takut dengan kebijakan Donald Trump dibanding virus corona.  

Survei R+V  dilakukan pada Juni dan Juli. Sayangnya, survei itu tidak memberikan perincian tentang kebijakan Trump yang membuat takut orang Jerman.  

Akan tetapi, R+V mengutip pernyataan seorang ilmuwan politik dari Universitas Ruprecht-Karls di Heidelberg, Manfred Schmidt, terkait kebijakan luar negeri AS. 

“Yang paling menonjol adalah konflik seperti perang dagang dengan China dan serangan kebijakan perdagangan dan keamanan terhadap sekutu, termasuk Jerman. Selain itu, penarikan Amerika Serikat dari kerja sama internasional dan konfrontasi dengan Iran,” kata Schmidt. 

Sementara virus corona berada di urutan ke-17 dari daftar hal yang ditakuti masyarakat Jerman. Padahal, pendemi COVID-19 telah mendatangkan malapetaka terhadap ekonomi termasuk Jerman. 

Sedangkan hal yang ditakuti orang Jerman diurutan kedua dan ketiga adalah naiknya biaya hidup dan situasi ekonomi saat ini yang tidak menentu.  

Lebih lanjut, total ada 2.400 partisipan yang terlibat dalam survei ini. Selain itu R+V  sudah melakukan survei 'ketakutan terhadap jerman" sejak 1992.