Internasional

Survei Sebut Mahathir Diinginkan Kembali Pimpin Malaysia

KUALA LUMPUR, SENAYANPOST.com – Pemilihan umum Malaysia, semakin dekat. Suhu persaingan antara Mahathir Mohamad dari oposisi dan Najib Razak dari partai berkuasa pun semakin ketat.

Sebuah lembaga survei independen Merdeka Center Malaysia menyebutkan, awalnya Najib diperkirakan akan mempertahankan kekuasaannya di Negeri Jiran itu. Namun, kini arah mulai berbalik.

“Mahathir memang lebih populer sekarang. Ia diinginkan untuk kembali memimpin Malaysia,” ujar Direktur Pusat Merdeka Ibrahim Suffian dikutip dari Channel News Asia, Kamis (3/5).

Dari jajak pendapat yang dikeluarkan, koalisi Pakatan Harapan milik Mahathir akan memperoleh suara sekitar 43,7 persen. Sementara, Najib dari Barisan Nasional akan memperoleh suara sekitar 40,3 persen.

“Sisanya, yang tidak menyukai dan tidak menginginkan mereka lagi,” katanya.

Menurut survei, jika pemilu diadakan sebelum Mei, pasti Barisan Nasional akan menang. Namun, kini dinilai kinerja partai berkuasa tersebut semakin buruk.

Sementara itu, kini koalisi Najib kembali menyerang Mahathir di mana mantan orang nomor satu di Malaysia itu diperiksa pihak berwajib terkait tuduhan menyebarkan berita palsu.

Klaim Mahathir dikeluarkannya saat mencarter pesawat yang membawanya ke Langkawi dari Subang. Ketua Partai Pribumi Bersatu Malaysia ini naik ke pesawat, sebelum pilot mengumumkan bahwa salah satu roda pesawat mengalami kebocoran.

Karena insiden itu, Mahathir pun terpaksa melakukan perjalanan dengan pesawat lain. Tokoh berusia 93 tahun itu kemudian melontarkan klaim bahwa ada pesawatnya disabotase oleh pihak lain.

Namun, setelah diselidiki oleh pihak Otoritas Penerbangan Sipil Malaysia (CAAM), tidak ada bukti sabotase ditemukan. (WW)

KOMENTAR
Tags
Show More
Close