Politik

Survei Konsepindo: Jokowi-Ma’ruf Lebih Dipilih Kalangan Santri

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Pemilihan presiden semakin dekat. Lembaga survei pun kian gencar merilis riset-riset terbaru mengenai calon presiden (capres) yang berpeluang untuk menang. Seperti yang terbaru dilakukan Lembaga Survei Konsep Indonesia (Konsepindo Research and Consulting).

Hasil surveinya menyebut bahwa pasangan Joko Widodo (Jokowi) -Ma’ruf Amin diprediksi lebih berpeluang mengambil suara dari pemilih santri atau mereka yang mengaku pernah mengeyam pendidikan di pesantren. Selain itu pasangan Jokowi-Ma’ruf juga lebih didukung pemilih muslim.

Survei ini melibatkan 1.200 responden dari 34 provinsi di Indonesia dari 17 sampai 24 Februari 2019. Metode yang digunakan multistage random sampling dengan margin of error kurang lebih 2,9 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen.

Dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (16/3/2019), Konsepindo Research and Consulting menyebut bahwa sebanyak 16,50 persen responden mengaku pernah mengeyam pendidikan di pesantren. Dari kelompok ini sebanyak 56,80 persen akan memilih pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin. “Posisi ini menunjukan bahwa Jokowi bisa diterima kalangan santri atau pesantren,” ungkap Manajer Riset Konsepindo Sapraji.

Konsepindo juga menyajikan temuan di survei ini, yaitu pemilih muslim lebih banyak memilih Jokowi-Ma’ruf dengan besaran sebesar 45,3 persen. Sementara pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno dipilih 36 persen pemilih muslim. Sisanya masuk dalam kategori undecided voters atau pemilih yang belum menentukan pilihan.

Sementara itu, Direktur Konsepindo Veri Muhlis Arifuzzaman menerangkan, secara keseluruhan Jokowi lebih berpeluang memenangkan pilpres April mendatang dibanding Prabowo.

Menurutnya, elektabilitas pasangan Jokowi-Ma’ruf yang didapat melalui simulasi pencoblosan dengan specimen kertas suara adalah sebesar 54,8 persen, sedangkan pasangan Prabowo-Sandi memperoleh elektabilitas sebesar 34,1 persen.

“Itu berarti pasangan nomor 01 unggul dengan selisih sebesar 20,7 persen dari pasangan nomor 02. Adapun undecided voters adalah sebanyak 11,1 persen,” terangnya.

Dia menambahkan, seandainya suara yang belum menentukan pilihan itu keseluruhannya memilih pasangan Prabowo-Sandi, posisinya tetap pasangan Jokowi-Ma’ruf masih unggul.

“Itu karena raihan elektabilitas sekarang sudah di atas batas psikologis angka kemenangan yakni 50 persen lebih. Tidak mudah, tapi bukan tidak bisa, bagi pasangan yang tertinggal jauh untuk mengejar ketertinggalan di sisa waktu yang ada,” ujarnya.

KOMENTAR
Tags
Show More
Close