Ekonomi

Surplus Beras, Sumsel Prioritaskan Ketahanan Pangan

SUMSEL, SENAYANPOST.com – Provinsi Sumatera Selatan selalu surplus beras saban tahun. Makanya, ketahanan pangan menjadi salah satu program prioritas Gubernur Sumsel, Herman Deru, bersama wakilnya, Mawardi Yahya.

“Program ketahanan pangan itu penting, karena daerah ini selalu surplus beras,” ujar Gubernur Sumatera Selatan, di Palembang, Kamis (4/10/2018).

Menurutnya, supaya daerah ini semakin sejahtera pihaknya akan meningkatkan program ketahanan pangan tersebut. Pentingnya meningkatkan ketahan pangan karena mayoritas penduduk Sumsel sebagai petani. Sehingga program swasembada beras harus dipertahankan dan ditingkatkan.

Ia menyebut, hampir 75 persen masyarakat Sumsel sebagai petani. Sehingga program kerja yang dilaksanakan harus berorientasi pada rakyat. Bukan itu saja, tetapi daerah ini areal pertaniannya masih cukup luas sehingga hasil panen perlu dimaksimalkan lagi.

“Ketahanan pangan akan berorientasi kepada rakyat karena tujuan utama tidak lain untuk meningkatkan kesejahteraan,” kata Gubernur.

Sehubungan itu, prioritas program ketahanan pangan ini perlu didukung bersama supaya berjalan lancar. Untuk mendukung program kerja tersebut, pihaknya juga bertekad menciptakan pemerintahan yang profesional, bersih, bebas korupsi kolusi dan nepotisme.

“Sumsel memang potensinya cukup menjanjikan. Bukan saja pertanian, tetapi juga daerah ini terdapat batubara, gas bumi dan kelapa sawit,” paparnya. (MU)

KOMENTAR
Tags
Show More
Close