Internasional

Suriah Sebut AS Bantu ISIS Kelola Kilang Minyak

DAMASKUS, SENAYANPOST.com – Amerika Serikat (AS) disebut sedang mencoba untuk membangun kontrol atas ladang minyak di Suriah. Langkah ini dilakukan untuk membantu bisnis minyak ISIS.

“AS telah memutuskan untuk menciptakan berbagai dalih guna membenarkan menjaga kehadiran ilegal pangkalan dan pasukan mereka di tanah Suriah untuk membangun kontrol dan dominasi atas ladang-ladang minyak untuk memisahkan Suriah Washington juga membantu ISIS untuk tujuan ini,” kata Wakil Menteri Pertahanan Suriah, Mahmoud al-Shawa.

“AS sangat melanggar hukum kemanusiaan selama operasi militer di Suriah,” lanjutnya dalam sebuah pernyataan seperti dilansir Sputnik, Rabu (4/4).

Dia kemudian mencatat, setelah kekuatan Rusia dan Iran berkontribusi pada upaya melawan teroris di Suriah, AS mulai meningkatkan kehadirannya di bagian utara Suriah.

“Ini disertai oleh agresi AS-Israel, pelanggaran berat hukum humaniter internasional untuk mendukung kelompok-kelompok teroris,” kata al-Shawa.

Koalisi pimpinan AS yang terdiri lebih dari 70 anggota melakukan operasi militer di Suriah dan Irak.

Serangan koalisi di Irak dilakukan bekerja sama dengan para pejabat Irak, tetapi di Suriah tidak disetujui oleh pemerintah Suriah atau Dewan Keamanan PBB.

Sementara itu, Rusia telah mendukung pasukan pemerintah Suriah dalam perang melawan terorisme atas permintaan Presiden Bashar Assad sejak 2015.

KOMENTAR
Tags
Lihat selanjutnya
Close