Internasional

Suriah Dibombardir Sekutu, Jakarta Imbau Semua Pihak Menahan Diri

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Menteri Luar Negeri (Menlu) Indonesia, Retno Marsudi, mendesak semua pihak untuk menahan diri di Suriah untuk menghindari adanya korban lebih lanjut, khususnya dari warga sipil. Desakan itu muncul setelah Amerika Serikat (AS), Prancis, dan Inggris menghujani Suriah dengan bom.

Retno menuturkan, sangat penting bagi semua pihak untuk menahan diri agar tidak terjadi eskalasi lebih lanjut. Ia menyatakan, pihak yang paling dirugikan jika terjadi eskalasi lebih lanjut adalah warga sipil Suriah.

“Keselamatan masyarakat sipil terutama wanita dan anak-anak perlu mendapatkan prioritas,” ucap Retno di Jakarta, Sabtu (14/4/2018).

Mantan Duta Besar Indonesia untuk Belanda itu juga meminta agar semua pihak menghormati hukum internasional, norma internasional yang termasuk dalam piagam PBB.

“Mengedepankan keamanan dan perdamaian diri. Dan sekali lagi, prioritas untuk melindungi masyarakat sipil, terutama wanita dan anak-anak,” ujarnya.

Ia menyatakan saat ini masih ada ribuan warga negara Indonesia (WNI) yang berada di Suriah dan sudah melakukan komunikasi dengan Duta Besar Indonesia di Damaskus mengenai hal ini.

Selain melakukan komunikasi dengan Dubes Indonesia di Damaskus, Retno juga telah melakukan komunikasi dengan Dubes Indonesia di tiga wilayah yaitu Timur Tengah, Eropa dan AS.

“Kita terus pantau situasinya seperti apa, dan saat ini WNI jadi prioritas. Kita tidak mau jadi korban. Kontigensi plan sudah kita buat dan Dubes masing-masing sudah memperingatkan situasi yang terjadi,” tukas Retno.

KOMENTAR
Tags
Lihat selanjutnya
Close