Opini

Surat dari New York

Bismillahir Rahmanir Rahim
Semoga risalah (pesan) ini menjumpai Bapak/Ibu semua dalam keadaan sehat wal-afiat lahir bathin, selalu dalam naungan kasih dan ridho Allah SWT.

Perkenankan saya dan tim di Nusantara Foundation menyampaikan “Selamat tahun baru 1440 Hijriyah”. Semoga tahun ini membawa barokah dan ma’unah yang lebih besar dari Allah SWT. Amin.

Perkenankan saya menyampaikan update tentang proyek pembangunan pondok pesantren kita di Amerika Serikat. Semoga penyampaian ini menjadi pengingat dan motivasi untuk melangkah bersama dalam mewujudkan niat dan usaha mulia ini.

Pertama, proses pembersihan lahan dan renovasi gedung-gedung, termasuk perubuhan gedung-gedung yang tidak layak pakai hampir rampung. Kita memasuki fase pengajuan untuk mendapatkan CO (Certificate of Occupancy) atau izin pemakaian gedung-gedung yang telah direnovasi. Saat ini kita menunggu pihak yang berkepentingan untuk melakukan inspeksi layak pakai gedung-gedung tersebut.

Kedua, walaupun selama ini berlangsung renovasi gedung-gedung, ada 4 gedung yang direnovasi, namun beberapa kegiatan kemunitas juga tetap dilangsungkan. D antaranya, kegiatan perkemahan dan Nusantara Cup 2018. Kegiatan ini dilakukan sebagai bagian dari perayaan 17 Agustusan, mensyukuri hari kemerdekaan RI tercinta.

Ketiga, sejak awal komitmen kami adalah melakukan segala sesuatu berdasarkan aturan daerah/kota setempat. Hal ini untuk menjaga hubungan jangka panjang dengan pemerintah setempat, serta menjaga imej masyarakat sekitar. Karenanya setiap perbaikan/perubahan gedung dilakukan dengan hati-hati dan penuh perhatian dengan aturan yang ada.

Keempat, kami perlu sampaikan bahwa sejak ditanda tangani pembelian lokasi (lahan dan properti) bulan Februari 2018 lalu, wajah lokasi itu telah menjadi jauh lebih baik dan indah. Hal ini cukup menarik perhatian pemeritah dan masyarakat setempat. Sehingga langsung atau tidak mereka telah memberikan perhatian dan impresi yang cukup baik.

Kelima, merespon ke pertanyaan beberapa pihak tentang kapan akan dimulai pesantren di lokasi ini, saya perlu sampaikan bahwa rencana ini memang adalah rencana jangka panjang. Hal itu karena untuk mengoperasikan pesantren memerlukan dua hal penting. Satu, tentu fasilitas yang sesuai. Dan ini akan banyak ditentukan oleh dana yang terkumpul. Dua, izin operational “boarding school”. Dan ini juga ditentukan oleh fasilitas yang tersedia. Oleh karenanya kami memperkirakan pembukaan pesantren (full boarding school) akan dimulai dua-tiga tahun ke depan.

Keenam, sementara itu sebelum pesantren diaktifkan atau diresmikan, lokasi pondok akan dipergunakan untuk ragam kegiatan komunitas. Di antaranya, sholat-sholat Jumatan (masjid terdekat dari lokasi 45 menit drive), kegiatan pengajian dan diskusi keragaman, tempat pelatihan bagi GLP (Global Leadership Program) Nusantara, destinasi halal Trip, dan beberapa kegiatan lainnya.

Akhirnya, untuk menuntaskan renovasi gedung yang tersisah, dan yang terutama lagi untuk menyelesaikan harga pembelian properti yang saat ini diansur per bulan hingga dua tahun ke depan, kami mengajak Bapak/Ibu untuk berbaik hati dan memberikan donasi terbaiknya melalui:

https://nusantaraboardingschool.com/support/ Atau ditransfer langsung ke rekening Nusantara di USA:
a.n: Nusantara Foundation, Inc.
Bank: TD Bank
Rekening: 4341946957
Routing: 026013673
Swift code: NRTHUS33xxx
Alamat: 593 Third Avenue New York, NY 10016

Rekening Nusantara Indonesia:
a.n: Inka Nusantara Madani
Rekening : 1240000018185
Bank Mandiri

Kami yakin usaha mulia ini akan terwujud dengan izin Allah. Dan jika itu terwujud maka akan tercipta sejarah baru dalam perjalanan dakwah Islam Amerika, sekaligus sejarah bagi Indonesia sebagai negara dengan penduduk Muslim terbesar dunia.

Sekali lagi, mari kita bersama melangkah dalam juang kebajikan ini. Semoga dunia mencatat kebaikan itu. Dan yang lebih penting langit menjadi saksi akan perjuangan yang mulia ini. Semoga Allah SWT memudahkan, memberkahi dan menerima dari kita semua. Amin!

*Shamsi Ali, Ketua Yayasan Nusantara Foundation

KOMENTAR
Tags
Show More

Check Also

Close
Close