Lintas Daerah

Surabaya Terapkan E-Payment Uji KIR

SURABAYA, SENAYANPOST.com – Dinas Perhubungan Kota Surabaya menjalin kerja sama dengan tiga bank guna pembayaran sistem non-tunai atau e-payment di tempat pengujian kendaraan bermotor Wiyung dan Tandes.

Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Pengujian Kendaraan Bermotor Wiyung dan tandes, Abdul Manaf, mengatakan pihaknya sudah melakukan koordinasi dan kerja sama dengan tiga bank yakni Bank Jatim, BCA dan Mandiri, agar bisa menyiapkan alatnya.

“Untuk aplikasinya sudah disiapkan oleh Dishub Surabaya dan sudah dipelajari oleh tiga bank itu,” katanya, Kamis (5/4/2018).

Menurut dia, sebenarnya untuk aplikasinya sudah lama disiapkan sebelum penerapan e-Parkir di Taman Bungkul. Hanya saja, lanjut dia, pihak bank baru bisa menyiapkan alatnya sehingga e-payment baru dibahas dan bisa direalisasikan pada April ini.

“E- payment itu lebih efisiensi dan transparan. Nantinya alat akan diletakkan disamping loket pembayaran,” katanya.

Kepala Dishub Surabaya Irvan Wahyudrajad mengatakan pihaknya terus melakukan terobosan dan inovasi dalam hal pelayanan publik di bidang uji kir kendaraan.

Menurut dia, dengan sistem e-payment ini maka semua pemilik kendaraan yang melakukan uji kir tidak perlu lagi membayar langsung kepada petugas, namun cukup melalui ATM dan e-Payment.

Adanya sistem ini, lanjut dia, juga untuk menghindari pungutan liar karena mengurangi tatap muka antara petugas dan penguna. Dishub Surabaya juga memasang CCTV diberbagai sudut untuk memastikan pelayanan bebas dari KKN.

“Pelaksanaan uji kir di Surabaya saat ini berbasiskan IT atau sistem digital, sehingga pengguna tidak perlu menunggu lama karena hasil pengujian dapat segera diketahui sesaat setelah kendaraan diuji kir,” katanya. (MU)

KOMENTAR
Tags
Lihat selanjutnya
Close