Pariwisata

Sumsel Juara Umum Anugerah Pesona Indonesia 2018

PALEMBANG, SENAYANPOST.com – Anugerah Pesona Indonesia (API) 2018, Provinsi Sumatera Selatan berhasil menjadi juara umum dengan menyabet banyak kejuaraan di sektor pariwisata.

Penghargaan itu langsung diserahkan Kementerian Pariwisata dan diterima Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumsel, Irene Camelyn Sinaga, di Jakarta, Kamis (22/11/2018) malam.

“Ini adalah piala untuk masyarakat, berkat kerjasama semua pihak menyokong majunya destinasi wisata di Sumsel, terutama kawan-kawan komunitas, pegiat media sosial yang sukarela mempromosikan wisata di Sumsel,” ujar Irene Camelyn Sinaga, di Palembang, Jumat (23/11/2018).

Ia menjelaskan, pada ajang API 2018, Sumsel mendapatkan penghargaan di 7 nominasi, yakni Juara 1 Wisata Halal Terpopuler (Al-Quran Al Akbar Palembang), Juara 1 Kampung Adat Terpopuler (Kampung AlMunawar Palembang), Juara 1 Wisata Unik Terpopuler (Pelancu Lahat), Juara 2 Dataran Tinggi Terpopuler (Gunung Dempo Pagaralam).

Kemudian, Juara 2 Objek Wisata Unik Terpopuler (Taman Nasional Sembilang Banyuasin), Juara 2 Wisata Olahraga dan Petualangan Terpopuler (Mountain Bike Bukit Sulap Lubuklinggau), dan Juara 2 Promosi Pariwisata Digital Terpopuler (Pesona Sriwijaya).

Menurutnya, untuk meraih juara umum tersebut pihaknya sudah menyusun strategi sejak Maret 2018, dengan mengumpulkan para pegiat komunitas dan wisata, mengadakan berbagai acara-acara menarik di destinasi wisata andalan seperti Gunung Dempo, Pelancu, Kampung Almunawar serta lainya.

Dia menerangkan, destinasi-destinasi tersebut terus dipromosikan lewat media sosial untuk menggalang dukungan masyarakat, karena metode penilaian dilihat dari kepopulerannya di media sosial dan google.

Dikatakannya, capaian juara umum tahun ini jauh lebih baik. Sebelumnya, Sumsel hanya mendapat dua penghargaan, yakni Hidangan Tradisional Terpopuler Pempek (2016) serta Minuman Tradisional Terpopuler Es Kacang Merah (2017). (AF)

KOMENTAR
Tags
Show More
Close