Lintas Daerah

Sumsel Berdayakan Masyarakat Sekitar Gambut

SUMSEL, SENAYANPOST.com – agar areal semakin bermanfaat, Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan akan memberdayakan masyarakat di sekitar lahan gambut.

“Masyarakat di sekitar lahan gambut perlu diberdayakan. Sehingga lahan tersebut semakin bermanfaat bagi mereka,” ujar Staf Khusus Gubernur Bidang Perubahan Iklim, Najib Asmani, di Palembang, Sabtu (12/1/2019).

Ia menjelaskan, dengan pemberdyaan masyarakat di areal lahan gambut, dapat mencegah kebakaran hutan dan lahan. Apalagi, lahan gambut rawan terbakar sehingga harus diawasi bersama termasuk mengikutsertakan seluruh lapisan masyarakat.

“Lahan gambut itu akan direstorasi sekaligus dijadikan areal ekonomi hijau, termasuk yang bermanfaat bagi ekonomi masyarakat,” katanya.

Staf Khusus Gubernur Bidang Perubahan Iklim, Najib Asmani

Setelah terjadi kebakaran pada 2015, Pemerintah Provinsi Sumsel membentuk masyarakat perduli gambut karena lahan yang terbakar mayoritas berada di areal gambut. Oleh sebab itu, pemberdayaan masyarakat sangat penting untuk mencegah kebakaran.

Berdasarkan penelitian, mayoritas terjadinya kebakaran disebabkan aktivitas manusia dalam perekonomian. Karena itu, Pemerintah Provinsi Sumsel akan memberdayakan masyarakat di sekitar lahan gambut tersebut. (AF)

KOMENTAR
Tags
Show More
Close