Lintas Daerah

Sultan Izinkan PKL Malioboro Buka Kembali

YOGYAKARTA, SENAYANPOST.com – Gubernur DI Yogyakarta, Sri Sultan Hamengku Buwono X mengizinkan para pedagang kaki lima (PKL) di Malioboro kembali membuka lapak dagangannya.

Hanya saja, Sultan meminta para pedagang tetap dengan syarat penerapan protokol kesehatan pencegahan penularan Covid-19.

“Silakan saja, tidak masalah asal menerapkan protokol kesehatan. Siap dengan jarak dan bisa melaksanakan protokol kesehatannya,” katanya di gedung DPRD DIY, Rabu (3/6/2020).

Sultan berpesan, agar semua pihak mau membiasakan diri dengan tataran pola hidup baru, yakni wajib menggunakan masker, menerapkan kesehatan lingkungan dan masyarakat.

Menurut Sultan, protokol kesehatan menjadi hal utama yang harus diterapkan ketika PKL mulai kembali usaha di Malioboro.

Terpisah Sekretaris Daerah DI Yogyakarta, Kadarmanta Baskara Aji mengatakan angka pertambahan pasien positif Covid-19 yang mulai menurun dan sempat menunjukkan zero positif di DIY belum bisa dijadikan dasar kesiapan untuk masuk ke fase normal baru.

Karena itu, dalam masa perpanjangan tanggap darurat, DIY akan menggencarkan pendeteksian penyebaran Covid-19 melalui rapid test masal dengan sistem acak.

“Kita ingin meyakinkan apakah pertumbuhan kasus positif DIY yang landai ini benar-benar riil atau masih ada yang luput sehingga tidak terdeteksi,” ujar kadarmanta, Rabu (03/06/2020).

Dikatakan, Gugus Tugas DIY sudah memerintahkan kabupaten/kota untuk melakulan tes massal di beberapa kerumunan, untuk mendapatkan data yang tepat.

“Dari data rapid test itu, kita akan dapatkan, apakah data yang kita dapatkan ini semu atau benar. Tetapi kalau kita lihat, beberapa hari ini kita sudah lakukan juga test massal dan data kita masih landai, mudah-mudahan ini data sesunguhnya, untuk menentukan, kita berani melangkah menuju new normal,” ujar  Kadarmanta.

KOMENTAR
Tag
Show More
Back to top button
Close
Close