Olahraga

Sukseskan Asian Games, Kominfo Luncurkan Aplikasi Duta Suporter

SUMSEL, SENAYANPOST.com – Untuk meningkatkan peran serta masyarakat dalam menyukseskan Asian Games, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) meluncurkan Aplikasi Duta Suporter Asian Games 2018.

“Peluncuran aplikasi ini dimaksudkan agar masyarakat lebih mengetahui serba-serbi Asian Games. Meskipun judulnya Asian Games 2018 Jakarta-Palembang, tapi ini acara milik seluruh masyarakat Indonesia,” ujar Menteri Kominfo, Rudiantara,saat konferensi pers progres dan kesiapan Asian Games 2018 di Wisma Atlet Jakabaring Sport City Palembang, Sabtu (7/7/2018).

Ia menjelaskan, tujuan utama dibuatnya aplikasi tersebut untuk memilih satu pasang muda-mudi yang akan mewakili 34 provinsi di Indonesia untuk menonton Opening Ceremony Asian Games 2018 yang akan diselenggarakan di Gelora Bung Karno, 18 Agustus 2018 mendatang.

Pemerintah, kata da, ingin seluruh masyarakat bisa menikmati acara olahraga terbesar se-Asia tersebut. Karenanya, walaupun tidak semua masyarakat Indonesia bisa menyaksikan langsung Opening Ceremony di Jakarta, setidaknya ada perwakilan dari setiap provinsi yang hadir langsung.

“Di aplikasi tersebut diadakan sayembara, sistem voting. Dua orang, satu wanita dan satu pria, setiap provinsi yang mendapatkan voting terbanyak, berhak mendapatkan tiket gratis Opening Ceremony di Jakarta, tiket pesawat pulang-pergi, dan biaya makannya pun kami tanggung,” katanya.

Cara mengikuti sayembara tersebut, selama masa program para calon duta harus mendownload aplikasi Duta Suporter-Asian Games terlebih dahulu di ponselnya, kemudian mendaftar. Selanjutnya, calon duta akan mendapatkan tugas-tugas yang berhubungan dengan Asian Games dan daerahnya, dimana masing-masing tugas ini nanti akan dapat di-vote.

“Nantinya akan terpilih 68 duta, satu wanita dan satu pria dari setiap provinsi. Dari gelaran Asian Games ini fokus kami bukan hanya pertandingannya saja, namun pembukaan dan penutupan juga. Sebisa mungkin menyedot animo besar dari masyarakat Indonesia,” jelasnya.

KOMENTAR
Tags
Lihat selanjutnya
Close