Politik

Sukses Gelar Pemilu di RI, Masyarakat Bangkok Ucapkan Selamat

JAKARTA – Atase Pendidikan KBRI Thailand, Prof Dr Mustari Mustafa menyebutkan bahwa belasan rektor dan tokoh pendidikan di Negara Gajah Putih itu mengapresiasi atas keberhasilan Indonesia menggelar pemilu.

“Pemilu di Thailand dan Indonesia hampir bersamaan. Belasan rektor dan tokoh pendidikan di sana menyampaikan ucapan selamat kepada saya karena kita berhasil menggelar pemilu serentak dalam keadaan damai, tenang dan tak ada riak sama sekali. Ini sangat membanggakan bagi kami,” kata Mustari Mustafa dalam diskusi di gedung Magester Managemen UI, Salemba, Jakarta (10/5/2019).

Disebutkan, jika masyarakat internasional saja mengapresiasi dan menyampaikan rasa bangganya atas proses demokrasi di Indonesia, maka sangat miris jika orang Indonesia sendiri tidak menghargai secara benar.

“Analis politik Thailan justru memuji pemilu kita, tapi kok sebagian kita malah bersikap tidak baik ya, meskipun saya yakin kelompok yang tidak puas itu sangat kecil, namun suaranya selalu disampaiksn di media sosial yang bertujuan mengacaukan proses tahapan pemilu yang sudah sangat baik,” tambahnya.

Dosen Filsafat Etika UIN Makassar itu menambahkan, dalam kontestasi selalu melahirkan pihak yang menang dan yang kalah. Karena itu, imbuh dia, diperlukan sosok berjiwa negarawan yang lebih mementingkan keutuhan bangsa dibandingkan hasil yang diperoleh dari pemilu itu.

“Kita harus bersikap negarawan, jangan lantaran kalah lalu mengajak revolusi dan menggelar aksi macam-macam. Ini aneh. Mari kita menahan diri dan mengedepanjan kepentingan bangsa,” pungkasnya.(*)

KOMENTAR
Tags
Show More
Back to top button
Close
Close