Suhu Panas di California Hampir Tembus 50 Derajat Celcius

Suhu Panas di California Hampir Tembus 50 Derajat Celcius

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Cuaca panas di California sedang memuncak tinggi hingga nyaris menyentuh 50 derajat celcius. Suhu dilaporkan naik pada Sabtu (5/9) di bagian selatan California.

“Suhu udara di California Selatan dalam beberapa hari ke depan sangat ekstrem. Di beberapa wilayah bahkan mencapai hampir 50 derajat celcius,” jelas Ardian Budhi Nugroho, Konsul Protokol dan Konsuler KJRI Los Angeles dalam keterangan resminya, Senin (7/9/2020).

Pihak Konsulat Jenderal RI di Los Angeles terus melakukan komunikasi intensif dengan kantong-kantong WNI di California Selatan.


“Kami terus berkomunikasi dengan para WNI kita. Sejauh ini, WNI kita tidak ada yang terdampak serius akibat cuaca ekstrem ini,” tambah Ardian.

Menurut pengakuan Suwanto, WNI yang bermukim di Los Angeles, cuaca sangat panas di kawasan Los Angeles, “Cuaca luar biasa panas. Kemarin (Sabtu), saya dan Komunitas Gowes Indonesia di Los Angeles gowes di sekitaran LA dan cuaca panas sekali. Anginnya pun panas,” jelasnya.

“Suhu udara hari ini 45°C. Kemarin mencapai 48°C. Puji Tuhan kami dan komunitas kami sehat semua,” sambung Jaurat Sianturi, diaspora Indonesia yang bermukim di California Selatan.

Cuaca ekstrem yang melanda California saat libur panjang “Hari Buruh” ini juga berpotensi kebakaran hutan dan lahan.

“Panasnya udara dan angin dalam beberapa hari ini disinyalir dapat memicu kebakaran hutan dan lahan. Kami meng imbau agar WNI hati-hati dan waspada,” tukas Ardian.

Meskipun pandemi Virus Corona COVID-19 masih melanda Los Angeles, hal itu tidak mengurangi semangat para masyarakat/diaspora Indonesia untuk memeriahkan perayaan HUT RI ke-75 pada Agustus kemarin.

Kegiatan upacara HUT RI ke-75 yang digelar oleh KJRI Los Angeles pada 17 Agustus 2020, diikuti oleh masyarakat/Diaspora Indonesia di wilayah kerja KJRI LA melalui platform Zoom dan Facebook Live.

Selain itu, upacara virtual ini juga dimeriahkan oleh aubade atau paduan suara lagu-lagu kebangsaan.

Dipimpin oleh Konsul Jenderal RI di Los Angeles, Saud P. Krisnawan, upacara itu diselenggarakan di Auditorium KJRI LA dan diikuti oleh seluruh staf dan Dharma Wanita Persatuan KJRI LA.

Saud P. Krisnawan mengatakan, “Upacara tadi berjalan dengan khidmat dan meriah meskipun virtual. Tentunya, protokol kesehatan menjadi panduan kami dalam penyelenggaraan upacara tadi”.

“Upacara tadi mendapat sambutan yang cukup meriah dan masyarakat/diaspora Indonesia yang tersebar di California Selatan, Nevada Selatan, Arizona, Colorado, Hawaii, Utah, American Samoa dan Guam,” jelas Dubes Saud.

Selain upacara dan paduan suara, KJRI LA juga menyambut perayaan HUT Kemerdekaan RI ke-75 dengan menggelar rangkaian perlombaan virtual yang terbuka bagi seluruh masyarakat/diaspora Indonesia yang menetap di Wilayah Kerja KJRI Los Angeles.

Acara perlombaan itu pun meliputi lomba menggambar, lomba karya tulis, hingga lomba memasak mie instan yang dibuat serupa dengan tampilan bungkusnya.