Metropolitan

Sudah 25 Ton Sampah Diangkut dari Teluk Jakarta

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Sebanyak 25 ton sampah diangkut dari Teluk Jakarta. Sampah itu mengendap di hutan mangrove Muara Angke, Jakarta Utara karena fenomena angin barat.

“Hari ini kita sudah dapat 5 ton. Total sejak kemarin kita sudah 25 ton,” kata Wakil Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Ali Maulana Hakim dalam keterangannya, Minggu (18/3/2018).

Saat ini, proses pengangkutan sampah masih berlangsung. Dua alat berat jenis eskavator amfibi dan satu eskavator spider dikerahkan di lokasi.

“Nanti (sampah) dibawa ke Dermaga dengan perahu. Lalu kita angkut ke truk dan kita buang ke Bantar Gebang,” sebut Ali.

Ia menambahkan, kendala dalam evaluasi sampah ini adalah faktor lokasi. Pasalnya, alat berat tidak bisa leluasa masuk hutan mangrove yang dipenuhi akar-akar.

“Target seminggu ini kita tuntaskan dulu sampai ke permukaan,”imbuh Ali

Dia menjelaskan mayoritas sampah adalah limbah industri rumah tangga yang mengendap di area 1.000-1.200 meter persegi itu. Sampah-sampah itu bukan hanya berasal dari Jakarta, tetapi juga dari wilayah lainnya seperti Bekasi dan Tangerang.

Fenomena ini, kata dia, adalah masalah tahunan. Angin barat yang berembus di Desember-Februari biasanya membawa sampah. Ketika angin surut, semua sampah mengendap di Teluk Jakarta Utara.

KOMENTAR
Tags
Show More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Close