Suami Jadi 'Second Gentleman', Kamala Harris: Saya Tetap Panggil Sayang

Suami Jadi 'Second Gentleman', Kamala Harris: Saya Tetap Panggil Sayang
BBC.com

JAKARTA, SENAYANPOST.com - Kamala Harris akan membuat sejarah sebagai wakil presiden wanita pertama Amerika Serikat. Ini artinya, suaminya, Doug Emhoff, akan menjadi second gentleman pertama. Bagaimana dia akan disapa?

Perbincangan tentang sapaan suami Kamala Harris muncul dalam wawancara dengan Presiden terpilih Joe Biden dan Wakil Presiden terpilih Kamala Harris bersama Jake Tapper dari CNN pada Kamis, 3 Desember 2020.

“Bagaimana kami harus memanggil dia?" tanya Tapper.

Wakil presiden sebelumnya semuanya laki-laki sehingga istrinya disebut second lady (wanita kedua).

"Yah, kurasa istilah itu telah berkembang menjadi second gentleman (pria kedua)," jawab Harris sambil tertawa.

Dia mengatakan beberapa temannya akan memanggil suaminya seperti itu. Namun, Tapper kemudian bertanya lagi, apakah Harris akan ikut memanggilnya dengan sebutan itu?

"Tidak, aku akan memanggilnya sayang," kata Harris tertawa.

Emhoff, 56, sejak awal aktif kampanye untuk istrinya, baik selama pencalonan Harris sebagai wakil presiden di partai dan setelah dia bergabung sebagai pasangan Joe Biden.

Pengacara hiburan itu mengatakan jadi second gentleman tidak akan membuatnya jauh berbeda dengan dia sebelumnya.

Dalam sesi tanya jawab virtual dengan situs parenting Fatherly bulan lalu, Emhoff mengungkapkan kebahagiaannya menikah dengan wakil presiden wanita pertama. Dia mengatakan akan mendukung Harris karena menurut dia pria atau anak laki-laki perlu memberikan dukungan bagi wanita kuat dan luar biasa.

“Dan saya akan melakukannya, dan saya harap Anda juga melakukannya,” kata dia.

Namun, dukungan itu tidak termasuk nasihat profesional. Dalam wawancara Zoom dengan People pada Oktober, Emhoff mengatakan dia hanya sebagai pasangan Harris. Dia tak mencampuri urusan pekerjaan sang istri.

"Saya suaminya, itu saja. Dia punya banyak orang hebat yang memberinya nasihat politik. Saya rekannya, saya sahabatnya dan saya suaminya. Dan untuk itulah peran saya di sini. Saya di sini untuk mendukungnya."

Doug Emhoff dan Harris menikah pada Agustus 2014 setelah bertemu pada kencan buta tahun sebelumnya, menurut The Hollywood Reporter. Emhoff memiliki dua anak - Cole dan Ella - dari pernikahan sebelumnya. Mereka berdua menyebut Harris sebagai "Momala."

"Anak-anak saya tidak memanggil saya ibu tiri, mereka memanggil saya Momala. Kami adalah keluarga yang sangat modern," kata Harris kepada People dalam wawancara yang diberikan tak lama setelah dia diumumkan sebagai calon wakil presiden. "Ibu mereka adalah teman dekat saya,” kata Kamala Harris yang akan dilantik sebagai Wakil Presiden Amerika Serikat pada 20 Jauari 2021.