Internasional

Studio Animasi di Jepang Dibakar Lukai 40 Orang, Sempat Terdengar Ledakan

KYOTO, SENAYANPOST.com – Studio animasi di Kyoto, Jepang, sengaja dibakar saat sedang ramai karyawan, Kamis (18/7/2019) siang. Seorang tewas dan sekitar 40 orang lainnya mengalami luka, sebagian di antaranya ditemukan dalam kondisi pingsan.

Seperti dikutip inews,Juru bicara dinas pemadam kebakaran setempat mengatakan, 10 di antara korban luka dalam kondisi serius.

Api melalap bangunan berlantai tiga itu sekitar pukul 10.30 waktu setempat. Asap putih kehitaman keluar dari hampir semua jendela bangunan, menunjukkan api menyebar cukup rata di setiap lantai.

Pelaku pembakaran diketahui pria berusia 40 tahunan. Dia mengalami luka bakar dan kini dirawat di rumah sakit.

Disebutkan, api melalap bangunan selama sekitar 2 jam sebelum berhasil dijinakkan. Meski demikian, petugas butuh waktu lebih lama lagi untuk menghilangkan asap yang memenuhi bangunan.

“Ada penelepon yang mengaku mendengar ledakan keras dari lantai satu Kyoto Animation dan melihat asap,” kata juru bicara, dikutip dari AFP.

Petugas mengerahkan 35 unit pemadam kebakaran serta armada pendukung lainnya.

Sementara itu polisi belum bisa memastikan motif pelaku membakar kantor Kyoto Animation. Dari laporan saksi, pelaku lebih dulu menyiram lokasi dengan cairan sebelum membakarnya.

“Seorang pria menyiram cairan lalu membakarnya,” kata juru bicara kepolisian Kyoto, tanpa menyebut identitas pelaku.

Sementara itu perusahaan Kyoto Animation Co mengaku masih mendalami kasus ini.

“Kami dalam proses mempelajari apa yang terjadi. Kami belum bisa memberitahu apa-apa lagi,” kata seorang perempuan di kantor perusahaan lainnya di Uji, Prefektur Kyoto.

Kyoto Animation merupakan pembuat serial animasi televisi di antaranya ‘K-On!’ dan ‘Suzumiya Haruhi no Yuutsu’.

KOMENTAR
Tags
Show More
Close