Stok BBM di Jawa Tengah dan Yogyakarta Ditambah Jelang Nataru

Stok BBM di Jawa Tengah dan Yogyakarta Ditambah Jelang Nataru

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Stok Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis gasoline akan ditambah hingga 15% dari rataan harian normal sebesar 13.038 Kiloliter menjadi 14.969 Kiloliter menjelang natal 2019 dan tahun baru 2020.

PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region IV Jateng dan DIY menjelaskan khusus untuk wilayah DI Yogyakarta, kenaikan BBM diprediksi mencapai 14% dari 1.954 Kilo Liter menjadi 2.234 Kiloliter.

Sementara itu, stok LPG di wilayah Jawa Tengah dan DI Yogyakarta secara total juga akan ditambah sebanyak 7,9% dari rataan harian normal sebesar 3.867 Metric Ton (MT) menjadi 4.174 Metric Ton.

Kesiapan stok LPG khususnya di wilayah DI Yogyakarta, untuk PSO akan ditambah sebanyak 6% dari rataan normal yaitu 356 MT menjadi 378 MT dan LPG Non PSO ditambah sebanyak 34,6% dari 66 MT menjadi 89 MT.

Sales Area Manager wilayah DI Yogyakarta Pande Made Andi Suryawan mengatakan prediksi kenaikan konsumsi tertinggi produk BBM jenis gasoline akan terjadi pada produk Pertamax dan Pertamax Turbo dengan masing-masing persentase peningkatan sebesar 18% dan 20%.

Pertamax diprediksi akan naik dari rataan normal sebesar 264 KL menjadi 311 KL dan Pertamax Turbo dari 6 KL menjadi 7 KL. Produk BBM jenis gas oil diperkirakan juga akan naik sebanyak 3% yaitu dari rataan harian normal 440 KL menjadi 456 KL saat satgas.

Berbeda dengan di Jawa Tengah, kenaikan BBM jenis gas oil (dex series) di Yogyakarta diperkirakan terjadi karena banyaknya kendaraan pribadi bermesin diesel yang akan bergerak atau masuk ke wilayah DI Yogyakarta.

“Pertamina membentuk satuan tugas (satgas) yang akan dimulai pada 18 Desember 2019 hingga 6 Januari 2020 untuk mengoptimalkan penyaluran BBM di DI Yogyakarta,” katanya seperti dikutip dalam rilis, Selasa (24/12/2019).

Menurutnya, kesiapan Satgas Pertamina MOR IV di tahun ini mendapat tantangan baru karena arus wisatawan yang akan datang ke wilayah Jawa Tengah dan DI Yogyakarta menggunakan jalur darat diprediksi akan lebih banyak dibanding tahun sebelumnya.

“Semenjak dibukanya tol Trans Jawa, wilayah kerja Pertamina MOR IV di Jawa Tengah dan DI Yogyakarta menjadi salah satu destinasi favorit bagi masyarakat yang ingin berlibur akhir tahun karena dapat dijangkau dengan mobil pribadi secara cepat. Selain menambah stok, kami juga mengoptimalkan pelayanan BBM dan LPG di seluruh wilayah operasional,” sebutnya.