Internasional

Status Lockdown Wuhan Berakhir

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Hari ini, 8 April 2020 mungkin menjadi hari paling bahagia bagi seluruh warga Wuhan. Bagaimana tidak, setelah dua bulan berjibaku melawan virus corona, mereka kini mulai kembali menata kehidupannya.

Ya, status lockdown di Wuhan resmi berakhir hari ini, Rabu (8/4). Semenjak akhir Januari lalu, pemerintah China menerapkan lockdown terhadap kota yang menjadi ground zero penyebaran virus corona ini.

Data resmi pemerintah China mencatat lebih dari 50 ribu orang terinfeksi penyakit COVID-19, dan lebih dari 2.500 orang tewas, di Wuhan.

Diangkatnya status lockdown itu tak lepas dari perkembangan kasus positif corona baru di Wuhan. Dalam 21 hari terakhir, dilaporkan hanya tiga orang dinyatakan positif corona. Hingga kini, tercatat 448 orang terinfeksi corona di Provinsi Hubei.

Diberitakan Reuters, kembali dibukanya perbatasan serta beroperasinya angkutan umum disambut suka cita oleh warga Wuhan. Diperkirakan 55 ribu orang telah meninggalkan Wuhan dengan kereta.

Sementara, sebanyak 10 ribu orang menggunakan pesawat seiring dibukanya Bandara Wuhan Tianhe, meski penerbangan ke Beijing dan luar negeri masih ditangguhkan.

“Saya sangat gembira, saya akan pulang hari ini,” ujar buruh migran Liu Xiamoin yang akan menuju Kota Xiangyang dari Stasiun Hankou.

Kendati demikian, warga asli Wuhan diimbau untuk tak meninggalkan kota dan provinsi, kecuali memiliki kebutuhan mendesak. Warga Wuhan yang tiba di Beijing juga akan menjalani tes corona sebanyak dua tahapan.

Pemerintah China hingga saat ini masih khawatir terhadap transmisi virus corona lokal menyusul belum ditemukannya vaksin. Apalagi, banyak dari para penderita corona tak menunjukkan gejala sama sekali.

Di China daratan, kasus baru positif corona melonjak dua kali lipat dalam waktu 24 jam. Pada Selasa (7/4), sebanyak 62 kasus baru ditemukan, terbanyak sejak 25 Maret silam. Sedangkan, kasus dari luar negeri atau imported case sebanyak 59 orang.

Kasus tanpa gejala corona juga meningkat menjadi 137 orang sejak sebulan belakangan, dengan 102 kasus berasal dari para pelancong.

Total, 1.095 orang tanpa gejala corona tengah menjalani observasi medis, dengan 358 orang di antaranya baru kembali dari luar negeri.

Hingga kini, China daratan mencatatkan 81.802 kasus positif corona dengan 3.333 orang meninggal dunia.

KOMENTAR
Tag
Show More
Back to top button
Close
Close