Nasional

Stafsus Angkie Yudistia Minta Presiden Jokowi Bentuk Komnas Disabilitas

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Staf Khusus Presiden Joko Widodo ( Jokowi), Angkie Yudistia mendorong terbentuknya Komisi Nasional Disabilitas. Menurut dia, Indonesia sudah saatnya memiliki komisi nasional yang menangani masalah-masalah pada kaum difabel.

“Aku membujuk untuk Presiden, negara adalah sekarang sudah waktunya untuk memiliki Komnas Disabilitas,” kata Angkie di Ciputra Artpreneur, Jakarta Selatan.

Menurut Angkie, pembentukan Komnas tersebut adalah amanat Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas. Sehingga, memang sudah seharusnya Komnas Disabilitas dibentuk dengan segera.

“Artinya Presiden pun mengetahui bahwa negara ini pun memiliki Komnas Disabilitas sudah amanatnya. Presiden pun berusaha untuk menjalankan amanatnya itu,” ucapnya.

Sebelumnya, beberapa organisasi penyandang disabilitas yang tergabung dalam tim kelompok kerja (Pokja) implementasi undang-undang penyandang disabilitas mendesak pemerintah segera membentuk Komisi Nasional Disabilitas.

Ketua Umum Pusat Pemilihan Umum Akses (PPUA) Disabilitas, Ariani Soekanwo mengatakan, Asian Para Games 2018 adalah langkah awal bagi pemerintah untuk menuntaskan hak-hak penyandang disabilitas seperti diatur dalam Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2016.

Ia menuturkan, salah satu kewenangan pemerintah yang diatur dalam undang-undang adalah membentuk Komisi Nasional Disabilitas (KND).

“Kita menggunakan momentum ini (Asian Para Games 2018) untuk meminta perhatian pemerintah, khususnya pemerintah dan kementerian terkait. Presiden sudah memanah kata dis dalam disabilitas saat pembukaan kemarin. Jadi, kita minta dibentuk KND,” tutur Ariani, saat ditemui di kompleks Gelora Bung Karno (GBK).

KOMENTAR
Tag
Show More
Back to top button
Close
Close