Staf Terpapar Covid-19, Cawapres AS Kamala Harris Hentikan Kampanye

Staf Terpapar Covid-19, Cawapres AS Kamala Harris Hentikan Kampanye
Kamala Harris

JAKARTA, SENAYANPOST.com - Dua orang anggota tim kampanyenya terinfeksi virus corona (covid-19), membuat calon wakil presiden Amerika Serikat (AS) dari Partai Demokrat Kamala Harris menghentikan sementara kampanyenya.

Seperti dikutip dari CNN Indonesia, Harris menghentikan perjalanan ke North Carolina pada Kamis (15/10). Dia akan kembali berkampanye pada Senin (19/10).

Manajer kampanye Jen O'Malley Dillon mengatakan dua staf yang terinfeksi Covid 1-9 yakni Direktur Komunikasi Harris, Liz Allen dan seorang awak pesawat.

Meski demkian, kata dia, cawapres dari Joe Biden itu tidak melakukan kontak dekat dengan staf itu.

"Tak satu pun dari orang-orang ini telah melakukan kontak dengan Harris atau staf lainnya sejak tes positif atau dalam 48 jam sebelum hasil tes positif mereka," kata O'Malley Dillon.

Karena itu, kata dia Harris tidak perlu menjalani karantina. Untuk sementara kampanye dilakukan secara virtual.

Harris sempat berada dalam penerbangan yang sama dengan dua anggota tim yang positif itu pada 8 Oktober. Mereka bersama Harris dalam penerbangan sehari setelah debat dengan Wakil Presiden Mike Pence.

Namun semuanya mengenakan masker.

Harris juga telah melakukan dua tes PCR sejak itu, dan semua hasilnya negatif. Dia tidak berhubungan dengan salah satu dari dua staf itu selama 48 jam sebelum mereka dinyatakan positif.

"Selama penerbangan, Senator Harris mengenakan masker N95, seperti halnya kedua staf itu. Dia tidak berada dalam jarak 6 kaki selama lebih dari 15 menit dengan salah satu dari mereka," kata O'Malley Dillon.

Sebelum dan sesudah penerbangan, baik Allen dan awak pesawat dinyatakan negatif, dan semua staf lain dalam penerbangan itu dinyatakan negatif.

O'Malley Dillon mengatakan kampanye Biden telah memulai proses pelacakan kontak.

Kampanye Biden juga membatalkan rencana suami Harris, Doug Emhoff, untuk melakukan perjalanan ke Minnesota, untuk berkampanye dengan Jill Biden, pada hari Kamis.

Tetapi karena tak melakukan kontak dengan salah satu orang tersebut, kata pihak kampanye, dia akan kembali melakukan kampanye secara langsung pada hari Jumat. (Jo)