Nasional

Sri Sultan Sebut DIY Sedang Hadapi Aksi Kejahatan Kekerasan Jalanan

YOGYAKARTA, SENAYANPOST.com – Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X mengatakan, saat ini DIY sedang menghadapi aksi kejahatan kekerasan jalanan atau yang oleh banyak kalangan sering disebut klitih.

Di sela-sela pelantikan Kepala Kantor Wilayah BKKBN DIY, Sri Sultan mengemukakan, sebagai salah satu upaya penanggulangan saat ini DIY sedang menyusun program keluarga tangguh.

Menurut Sri Sultan, Gubernur memiliki peran yang penting untuk menanggulangi kejahatan kekerasan di jalanan di kalangan remaja.

“Dari hasil survei, remaja melakukan kejahatan kekerasan jalanan karena kurang perhatian dan komunikasi yang baik dengan orang tua. Karena itu komunikasi orang tua dengan anak menjadi sangat penting,” kata Sri Sultan.

Jika orang tua tidak lagi memiliki waktu untuk bersama anak-anaknya atau sekadar say hello kepada anak, kemungkinan dia (anak) lepas (dari pantauan orang tua).

Pada kesempatan itu, Sri Sultan berharap BKKBN juga bisa mengintervensi hingga keluarga lewat komunikasi tentang perencanaan keluarga, baik kepada remaja maupun orang tua remaja yang akan menikah.

Namun diakui pula peran pendidikan juga penting. “Sebab dengan pendidikan yang tinggi, dia akan bisa merencanakan keluarga, termasuk jumlah anak,” kata Gubernur DIY itu. (WS)

KOMENTAR
Tag
Show More
Back to top button
Close
Close