Lintas Daerah

Sri Sultan Peringatkan Ada Upaya Mengganti Empat Pilar

YOGYAKARTA, SENAYANPOST.com – Sri Sultan Hamengku Buwono X menegaskan, upaya dan langkah untuk terus membumikan Pancasila harus terus dilakukan. Salah satunya melalui penyelenggaraan Bulan Pancasila sebagaimana yang digelar di Yogyakarta.

Bulan Pancasila, lanjut Sri Sultan, Sabtu (25/8/2018) malam di Pagelaran Kraton Yogyakarta, merupakan upaya membumikan Pancasila. “Bukan untuk mengebumikan Pancasila,” tegasnya.

Pada penutupan Bulan Pancasila itu, Sri Sultan juga memperingatkan, adanya isu yang menyebut ada upaya mengganti Empat Pilar Pancasila dengan pilar lain yakni pilar impor dari luar Indonesia.

Menurut Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta, pilar lain di luar Pancasila, dipastikan tidak akan kuat menyangga kebhinekaan Indonesia.

Karena itu, jelasnya, harus dilakukan terus menerus agar nilai-nilai Pancasila ada dalam kehidupan. “Harus ada cara-cara baru dan pendekatan baru agar Pancasila dapat dipahami dan dihayati serta kemudian diamalkan oleh generasi milenial. Karena generasi milenial inilah yang akan menjadi pemimpin Indonesia mendatang,” katanya.

Diingatkan pula untuk itu, menjalani kehidupan yang ber-Pancasila itu, harus memperhatikan sila kelima Pancasila. Sila kelima, lanjutnya, harus menjadi anak tangga pertama untuk menapaki tangga sila-sila dalam Pancasila yang berikutnya.

Pada penutupan ini, juga diluncurkan sebuah buku bertajuk Bungai Rampai: Antologi Kebangsaan, Jogja Gumregah untuk Indonesia yang diteerbitkan oleh Dinas Kebudayaan Daerah Istimewa Yogyakarta dan Komunitas Kawula-Jogja Istimewa. (JS)

KOMENTAR
Tags
Show More
Close