Ekonomi

Sri Sultan Minta Ada Sinergitas Antar Daerah Kendalikan Inflasi

YOGYAKARTA, SENAYANPOST. com – Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan HB X mengajak antar daerah untuk menjalin sinergitas untuk mengendalikan inflasi dan menjaga stabilitas ekonomi daerah.
Hal itu disampaikan Sri Sultan pada Rakorwil Tim Pengendali Inflasi Daerah Kawasan Jawa 2018 diYogyakarta, Kamis (26/4/2018).

“Sinergitas antardaerah sendiri, diperlukan guna memperkuat efektivitas pengendalian inflasi dan upaya menjaga daya beli masyarakat,” kata Sri Sultan.

Upaya sinergi itu, menurut Gubernur, juga diperlukan mengakselerasi pembangunan infrastruktur, khususnya bandara baru di Kulonprogo, dalam upaya mendukung peningkatan pertumbuhan ekonomi antardaerah.

Rakorwil ini mutlak memerlukan kerja sama antardaerah melalui kebijakan pengendalian tingkat harga-harga pada kelompok volatile food dan administered prices.

Menurut Sultan, kunci sukses pengelolaan ekonomi guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat ialah melalui peningkatan pertumbuhan ekonomi dan pengendalian inflasi.

Kedua hal tersebut, menurut dia, perlu menjadi perhatian seluruh pemangku kepentingan, sehingga perlu ditopang koordinasi dan sinergi kebijakan yang solid di pusat maupun daerah.

Inflasi di Indonesia, menurut Sultan, memiliki karakteristik sering dipicu faktor kejutan (shocks). Biasanya berupa gangguan produksi karena bencana alam, seperti banjir dan musim kering yang berkepanjangan.

Selain faktor alam yang memengaruhi inflasi pada kelompok bahan makanan, sering kali shocks juga berupa kebijakan kenaikan tarif yang berdampak pada inflasi kelompok komoditas.

Dengan kondisi tersebut, inflasi tidak cukup hanya dapat direspons oleh kebijakan moneter yang merupakan tugas Bank Indonesia. Untuk menurunkan inflasi pada level rendah dan stabil, perlu dukungan pemerintah yang memiliki kewenangan mengatasi gangguan oleh shocks dari sisi penawaran (supply side). (MU)

KOMENTAR
Tags
Show More
Close