Lintas Daerah

Sri Sultan Kembali Serukan Islah

YOGYAKARTA, SENAYANPOST.com — Sri Sultan Hamengku Buwono  menyerukan kedua kubu yang berkontestasi dalam pemilihan presiden  terutama yang ada di daerah melakukan islah politik berbasis budaya.

“Kedua kubu di daerah harus bersikap saling terbuka dan bersama-sama memasuki gerbang islah politik berbasis kultur. Ini adalah saat yang tepat,” kata Sultan Hamengku Buwono X saat menyampaikan pidato syawalan di Balaikota Yogyakarta, Senin (17/6/2019).

Menurut Raja Yogyakarta, saat ini adalah waktu yang tepat untuk menanggalkan identitas sebagai nomor satu atau nomor dua dan kembali pada semangat sila ketiga Pancasila yaitu persatuan Indonesia.

Ia pun mendorong forum komunikasi pimpinan daerah untuk berinisiatif dan berperan sebagai jembatan islah kebangsaan. Namun demikian, lanjut dia, islah tersebut hanya dapat terwujud apabila seluruh pihak bisa bersikap “legawa” atau ikhlas.

Jika islah antar kontestan tidak segera direaliasikan, Sri Sultan HB X khawatir permusuhan elit akan semakin melebar dan masyarakat bawah yang justru menjadi korbannya. “Masyarakat harus mampu mengikuti zaman tetapi jangan hanyut apalagi ikut tenggelam,” katanya. (**)

KOMENTAR
Show More
Back to top button
Close
Close