Lintas DaerahTak Berkategori

Sri Sultan Ajak Warga Lereng Merapi Lestarikan Lingkungan

YOGYAKARTA, SENAYANPOST.com — Sri Sultan Hamengku Buwono X mengajak masyara di Lereng Gunung Merapi ikut menjaga kelestarian.
Dalam tanggap syawalan di Rumah Dinas Bupati Sleman, Sri Sultan mengatakan, Gunung Merapi sering erupsi bahkan kemudian merusakkan vegetasi di lereng gunung tersebut serta meninggalkan sisa-sisa erupsi yang berupa pasir.

Saat ini, kata Sri Sultan, banyak warga yang melakukan penambangan di sungai-sungai yang berhulu di puncak Merapi.

“Bahkan penambangan juga sampai jauh ke atas, serta di luar alur sungai,” katanya.

Hal semacam ini, lanjutnya jika dibiarkan seperti “membuat jalan tol” bagi awan panas jika terjadi erupsi magmatik di kemudian hari.

“Dampaknya, Kota Yogyakarta bisa terkena,” katanya.

Di lain tempat, lanjut Sri Sultan, kawasan yang terdampak awan panas, kini menjadi tempat wisata dan tidak lagi dilakukan penghijauan kembali.
Padahal, kawasan ini semula adalah kawasan hijau.

“Jika tidak dilakukan penghijauan kembali, mata air yang ada akan banyak yang mati. Ini juga akan menjadi ancaman kelestarian,” katanya.

Karena itu Sri Sultan mengajak masyarakat lereng Merapi untuk menjaga kelestarian. Kawasan yang kini menjadi hamparan tanpa vegetasi itu juga akan menjadikan awan panas dapat meluncur tanpa penghambat.

Sri Sultan bersama GKR Hemas dan Wakil Gubernur KGPAA Pakualam X bersama isteri GBRAy Pakualam serta jajaran pimpinan Daerah Istimewa Yogyakarta, Selasa berkunjung ke Rumah Dinas Bupati Sleman untuk syawalan dengan jajaran Pemkab Sleman.

Ratusan pejabat dan tokoh masyarakat Sleman menghadiri acara ini. (AF)

KOMENTAR
Tags
Lihat selanjutnya
Close