Ekonomi

Sri Mulyani Kembali Jadi Menkeu, Rupiah Perkasa ke Rp14.036 per Dolar AS Siang ini

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) semakin menguat di perdagangan pasar spot hari ini. Dolar AS kian menjauh dari kisaran Rp 14.100.

Pada Selasa (22/10/2019) pukul 12:00 WIB, USD 1 dibanderol Rp 14.036. Rupiah menguat 0,26 persen dibandingkan posisi penutupan perdagangan hari sebelumnya. Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) menguat di kurs tengah Bank Indonesia (BI).

Rupiah juga perkasa di perdagangan pasar spot, bahkan menjadi mata uang terbaik Asia. Pada Selasa (22/10/2019), kurs tengah BI atau kurs acuan Jakarta Interbank Spot Dollar Rate/Jisdor berada di Rp 14.058. Rupiah menguat 0,52% dibandingkan posisi hari sebelumnya.

Penguatan ini memperpanjang rantai apresiasi rupiah di kurs tengah BI menjadi empat hari beruntun. Selama periode tersebut, penguatan rupiah mencapai nyaris 1%.

Sementara di perdagangan pasar spot, rupiah pun setia berjalan di jalur hijau. Pada pukul 09:43 WIB, US$ 1 setara dengan Rp 14.045 di mana rupiah menguat 0,2%, terkuat sejak 10 September.

Kala pembukaan pasar, rupiah hanya mampu menguat tipis 0,02%. Seiring perjalanan, apresiasi rupiah semakin tebal. Performa rupiah kian ciamik jika melihat para tetangganya. Ya, penguatan 0,2% sudah cukup untuk membawa rupiah menjadi mata uang terbaik di Asia.

Nama Sri Mulyani sepertinya menjadi kunci keperkasaan rupiah. Kinerja Sri Mulyani dinilai memuaskan, dan ke depan eks pejabat teras Bank Dunia ini diramal mampu mengejawantahkan program-program Jokowi, terutama di sisi perpajakan.

Misalnya, Jokowi berencana untuk memangkas tarif Pajak Penghasilan (PPh) Badan yang saat ini 25%. Ke depan, rencananya tarif turun menjadi 20%.

Stimulus fiskal ini tentu sangat dinanti oleh dunia usaha, baik di sektor riil maupun sektor keuangan. Beban PPh yang berkurang bisa menjadi modal untuk melakukan ekspansi, menciptakan lapangan kerja, meningkatkan konsumsi, dan mendorong pertumbuhan ekonomi.

Presiden Jokowi pun telah menunjuk Sri Mulyani untuk kembali menjabat sebagai Menteri Keuangan (AR).

KOMENTAR
Tags
Show More
Back to top button
Close
Close