Ekonomi

Sri Mulyani: Informasi Soal Utang Sering Disalahgunakan

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan, informasi yang beredar mengenai utang Indonesia, kerap disalahgunakan.

Sebab, data soal utang digunakan sepotong-sepotong sehingga menyebabkan informasi yang disampaikan salah.

Bahkan beberapa kali informasi soal utang menimbulkan polemik antara pemerintah dan pihak-pihak yang mengkritik kebijakan utang yang dilakukan pemerintah.

“Ini aspek sangat penting karena saya rasakan betul sebagai pejabat negara,” kata Sri Mulyani, di Jakarta, Senin (27/8/2018).

Ia menambahkan, kita beri informasi pun itu bisa dipotong, dipenggal, diambil, dan disalahgunakan. Bisa suatu tabel diambil hanya angkanya, dan dibuatlah narasi yang lain.

Wanita yang pernah menjabat sebagai Direktur Pelaksana Bank Dunia juga bercerita orang-orang sering bicara soal utang dan mempertanyakan utang. Menurut Sri Mulyani, sebenarnya mereka bisa mencari informasi soal utang di era keterbukaan informasi ini.

“Orang ngomongin utang melulu, itu ada di website, tanya terus dan pertanyaannya nggak berubah-ubah terus, berapa jumlah utang, berapa jumlah pembayaran utang, berapa jumlah bunganya, padahal itu ada di website(Kemenkeu),” ujarnya.

Namun Sri Mulyani menyadari di era digital, khususnya generasi milenial tidak mau menggali informasi secara mendalam karena menginginkan yang serba instan.

“Ini tantangan karena bagian ke empat, masyarakat kita bicara teknologi ini menyebabkan generasi milenial maunya cepat, maunya singkat, dan gampang. Ini yang sebabkan kita akan tertantang,” tambahnya. (JS)

KOMENTAR
Tags
Show More
Back to top button
Close
Close