Ekonomi

Sri Mulyani: Ekonomi RI Lebih Sehat dari AS

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Utang pemerintah Indonesia yang mencapai Rp 4.136 triliun jauh lebih baik dari Amerika Serikat (AS). Pasalnya, rasio utang terhadap produk domestik bruto (PDB) masih terkendali di 29%.

Hal tersebut diungkapkan oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati saat Gala Dinner US-Indonesia Society (USINDO) di Washington DC, AS.

“Indonesia sudah lebih kuat dan stabil setelah krisis finansial 1998 lalu. APBN kita lebih akuntabel dengan disiplin fiskal yang tinggi,” kata Sri Mulyani.

“Defisit APBN kita terjaga dan tak boleh lebih dari 3% PDB. Kemudian 60% untuk rasio utang terhadap PDB. Nah, rasio utang terhadap PDB kita saat ini 29%. Hal ini menunjukkan ekonomi kita lebih sehat dari AS,” imbuhnya seperti dalam video di media sosial Kemenkeu, dikutip Kamis (19/4/2018).

Seperti diketahui, rasio utang terhadap PDB AS melambung tinggi sejak 2008 hingga 2017 yang berada pada level 105,4% terhadap PDB.

“Tapi banyak yang tidak percaya Indonesia lebih baik dari AS. Karena AS adalah perekonomian yang sangat besar di dunia, orang-orang berpikir itu pasti Menteri Keuangan Indonesia yang membuat-buat,” canda Sri Mulyani yang disambut tawa para hadirin.

Gala Dinner US-Indonesia Society (USINDO) itu mendatangkan investor, pembuat kebijakan, maupun para pemimpin di Washington DC, baik dari sektor pemerintahan, Non-Goverment Organization (NGO), maupun dari kalangan swasta.

Gala dinner ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan IMF-World Bank Group Spring Meetings 2018.

KOMENTAR
Tags
Lihat selanjutnya
Close