Internasional

Soal Tuduhan Korupsi Berlian Rp208 T, Parlemen Zimbabwe Panggil Mugabe

HARARE, SENAYANPOST.com – Mantan Presiden Zimbabwe Robert Mugabe menuduh sebuah perusahaan tambang telah melakukan penipuan dan penyelundupan. Mugabe menaksir akibat korupsi itu, Zimbabwe menderita kerugian hingga USD15 miliar atau sekitar Rp208,3 triliun.

Tudingan yang dikeluarkan Mugabe dalam wawancaranya dengan kanal televisi pemerintah ZBC di 2016.

“Perusahaan pertambangan itu telah mencuri segala kemakmuran kita,” ujar presiden yang dilengserkan 21 November 2017 itu dalam wawancaranya saat itu.

Namun, Maret lalu, Mugabe mengklarifikasi dengan berkata kalau dia tidak yakin dengan angka yang disodorkan dua tahun lalu tersebut.

“Saya diberi angka itu oleh seorang pejabat. Memang terdapat kesimpang-siuran. Namun, saya tidak yakin angkanya demikian,” kata Mugabe.

Dilansir BBC Jumat (20/4), Parlemen Zimbabwe pun akan memanggil Mugabe pada 9 Mei mendatang untuk dimintai keterangan terkait pernyataannya itu.

Temba Mliswa, Ketua Komite Tambang dan Energi Parlemen Zimbabe berujar, 9 Mei mendatang merupakan momen yang tepat bagi Mugabe untuk memberi bukti atas klaimnya.

“Setelah pertemuan Kamis (19/4/2018), kami sepakat untuk mengundang Tuan Mugabe untuk menjelaskan mengenai hilangnya 15 miliar dolar AS tersebut,” tutur Mliswa dilansir AFP.

AFP melaporkan, tidak jelas apakah Mugabe, yang kesehatannya tengah menurun, bakal memenuhi panggilan itu atau mengelak.

Pada 2006, lebih dari 20.000 penambang ilegal melakukan aksinya di Padang Marange yang terletak di selatan Harare.

Sebuah investigasi yang dilakukan BBC Panorama di 2011 menunjukkan, polisi dan militer merekrut warga sipil untuk menggali berlian bagi mereka di Marange.

Pada 2012, kelompok bernama Kerja Sama Afrika Kanada (PAC) menyatakan, penambangan ilegal menyebabkan negara merugi 2 miliar dolar AS, atau Rp 27,7 triliun.

PAC menjelaskan, para “pencuri” itu meliputi pejabat Zimbabwe, penjual permata internasional, serta para penjahat. (WW)

KOMENTAR
Tags
Lihat selanjutnya
Close