Soal Rencana Pelaksanaan Vaksinasi Corona, RI Koordinasi dengan WHO

Soal Rencana Pelaksanaan Vaksinasi Corona, RI Koordinasi dengan WHO
fasilitas Pengemasan Pembuatan Vaksin (foto Kumparan)
JAKARTA, SENAYANPOST.com - Untuk memastikan ketersediaan vaksin corona bagi warga Indonesia, pemerintah menempuh berbagai upaya 
Tercatat, Indonesia menjalin kerja sama dengan beberapa negara untuk mendapatkan vaksin. Salah satunya dengan produsen vaksin asal China Sinovac. Vaksin dari Sinovac kini tengah diuji klinis di Bandung.
Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi mengatakan kerja sama dengan beberapa negara untuk menemukan vaksin corona tersebut dilaporkan kepada WHO. Hal itu diungkapkan saat Menlu Retno Marsudi berkunjung ke kantor pusat WHO di Jenewa, Swiss.
"Delegasi Indonesia memberikan update mengenai pengelolaan COVID-19 di Indonesia. Dan kami juga menjelaskan upaya Indonesia untuk mendapatkan vaksin bekerja sama dengan beberapa negara," ujar Retno dalam konferensi pers pada Jumat (16/10).
"Kami juga menjelaskan mengenai rencana vaksinasi dan sepakat dengan WHO untuk terus melakukan koordinasi dan komunikasi, baik dalam persiapan maupun pelaksanaan vaksinasi," lanjutnya.
Tak hanya itu, Retno menyatakan pihaknya juga menyampaikan usaha peneliti Indonesia menciptakan vaksin merah putih.
Diketahui vaksin merah putih merupakan upaya peneliti Indonesia yang berupaya memproduksi vaksin dalam negeri sebagai langkah jangka panjang. Pengerjaan vaksin tersebut dikomandoi Lembaga Biologi Molekuler Eijkman dan ditargetkan bisa tersedia pada 2022.
"Kami juga memberikan update mengenai upaya para ahli Indonesia mengembangkan vaksin nasional kita, Vaksin Merah Putih," kata Retno.
Dalam kesempatan itu, kata Retno, Dirjen WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus juta mengapresiasi peran Indonesia dalam Foreign Policy and Global Health di mana RI sebagai Ketua.
Setelah pertemuan itu, Retno berharap pemerintah dan WHO sepakat untuk terus meningkatkan komunikasi dan kolaborasi dalam pengelolaan pandemi dan kerja sama strategis lainnya di bidang kesehatan.