Soal Corona, Jokowi: Negara Maju dan Berkembang Tak Ada yang Siap Hadapi Tantangan Ini

Soal Corona, Jokowi: Negara Maju dan Berkembang Tak Ada yang Siap Hadapi Tantangan Ini
Presiden Jokowi (foto Okezone)

JAKARTA, SENAYANPOST.com - Negara maju atau berkembang dipastikan sama-sama tidak siap dengan wabah corona. 

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan tidak ada satu negara pun yang memiliki pengalaman menghadapi pandemi ini.

Hal itu diucapkan Presiden Jokowi saat memberikan sambutan di acara Dies Natalis Universitas Padjajaran (Unpad) ke-63 secara virtual, Jumat (11/9/2020).

"Tidak ada satu negara pun yang mempunyai pengalaman untuk itu. Negara maju atau negara berkembang sama-sama tidak siap menghadapi tantangan ini," ujarnya.

Jokowi berujar permasalahan extra ordinary harus dihadapi dengan cara-cara luar biasa pula. Mindset bangsa Indonesia dan budaya kerjanya harus berubah.

'Permasalahan yang extra ordinary ini harus kita hadapi dengan cara-caa extra ordinary. Tantangan extra ordinary harus dihadapi dengan strategi yang extra ordinary juga," jelasnya.

"Mindset kita harus berubah. Budaya kerja kita harus berubah. Cara kerja kita juga harus berubah. Dalam kehidupan sehari-hari banyak perubahan dalam standar keseharian kita," ujarnya.

"Yang dulu dianggap tidak wajar sekarang justru menjadi keharusan. Kita harus jaga jarak, pakai masker, bahkan pakai faceshield. Kita harus bekerja dari rumah, kuliah dari rumah dan bersilaturahmi secara virtual. Dan semua yang dulu dianggap tidak wajar sekarang menjadi keharusan," pungkas Jokowi.