GadgetInternetKomputerMedia SosialTeknologi

Snowden Setuju Upaya Apple Ketahui Cara Unlock iPhone 5c

CALIFORNIA – Mantan kontraktor NSA dan whistleblower, Edward Snowden, awal pekan ini mengatakan dirinya berdiri untuk Apple untuk mengetahui bagaimana Federal Bureau of Investigation (FBI) membuka iPhone 5c milik Syed Rizwan Farook, penembak di San Bernardino.
Snowden menjelaskan, perspektifnya dalam menanggapi pertanyaan dari anggota audiens selama debat di New York awal pekan ini. Snowden muncul virtual via Hangout di debat yang diselenggarakan di New York University Robert F Wagner Graduate School of Public Service dan Century Foundation.
Dalam debat itu, Snowden juga mendorong pemikiran informasi FBI berbagi dengan Apple dengan sehubungan dengan metode-motode unlocking telefon kantor Farook semata-mata untuk kepentingan Apple. Menurutnya, upaya yang dilakukan Apple bukan hanya untuk kepentingan negara tetapi juga melindungi negara.
“Mereka tak melakukan untuk membantu perusahaan, mereka melakukan itu untuk membantu negara, mereka membatu setiap orang di Amerika yang menggunakan produk mereka, yang menggunakan layanan mereka,” kata Snowden, sebagaimana dilansir Venture Beat, Senin (2/5/2016).
Jika ada, kata dia, hal itu akan menjadi inestasi efektif dalam Pemerintah Amerika Serikat terkait rencana peningkatan keamanan siber. Secara umum, perdebatan Snowden menentang gagasan pemerintah harus memiliki akses yang sah untuk setiap pesan atau layanan terenkripsi.
Pada 29 Maret, Los Angeles Times melaporkan pengacara Apple meneliti taktik hukum memaksa pemerintah menyerahkan spesifikasi dari teknik yang digunakan membuka ponsel milik tersangka teroris San Bernardino. Sehari setelah itu, Reuters mendukung pernyataan dengan melaporkan bahwa Apple bisa menempuh jalan hukum agar pemerintah mengungkapkan informasi dalam kasus terkait New York.

(din)

KOMENTAR
Show More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Close