Politik

Situng KPU 80%: Jokowi Unggul 16 Juta Suara

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Sistem Informasi Penghitungan Suara (Situng) KPU Pilpres 2019 menunjukkan pasangan Jokowi-Ma’ruf masih unggul dari Prabowo-Sandiaga Uno. Dari suara yang masuk sekitar 80 persen, Jokowi-Ma’ruf unggul lebih dari 13 juta suara dari Prabowo-Sandi.

Dalam Situng KPU per Selasa (14/5) pukul 08.30 WIB, Jokowi-Ma’ruf meraih 69.566.654 suara atau 56,32 persen, sementara Prabowo-Sandi mendapat 53.947.325 suara atau 43,68 persen.

Jumlah ini diperoleh dari total 80 persen suara atau 655.812 tempat pemungutan suara (TPS) dari total 813.350 TPS yang telah masuk ke dalam laman resmi KPU.

Tidak ada perubahan signifikan mengenai daerah pemilihan yang telah masuk suara 100 persen. Dari data Situng ini, Bali, Kepulauan Bangka Belitung, Gorontalo, dan Bengkulu merupakan provinsi yang telah 100 persen selesai memasukkan data entry C1.

KPU menekankan data entri yang ditampilkan pada Menu Hitung Suara adalah data yang disalin apa adanya atau sesuai dengan angka yang tertulis pada Salinan Formulir C1 yang diterima KPU kabupaten atau kota dari Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS).

Apabila terdapat kekeliruan pengisian data pada Formulir C1, dapat dilakukan perbaikan pada rapat pleno terbuka rekapitulasi di tingkat kecamatan.

Bila terdapat perbedaan data antara entri di Situng dan Salinan Formulir C1, akan dilakukan koreksi sesuai data yang tertulis di Salinan Formulir C1.

Sementara itu diketahui KPU telah menggelar rekapitulasi terbuka tingkat nasional di kantor KPU sejak 9 Mei 2019.

Pasangan Jokowi-Ma’ruf dinyatakan unggul di sejumlah daerah seperti Bali, Bangka Belitung, Kalimantan Timur, Kalimantan Barat, Sulawesi Barat, Lampung, hingga Daerah Istimewa Yogyakarta.

Sementara itu Prabowo meraih kemenangan di Maluku Utara dan Kalimantan Selatan. (MU)

KOMENTAR
Tags
Show More
Close