Internasional

Siti Nurbaya: Indonesia Komitmen Kurangi Emisi

YOGYAKARTA, SENAYANPOST.com – Sesuai dengan NDC (Nationally Determined Contributions), Indonesia berkomitmen untuk mengurangi emisi hingga 29% dan 17,2% diantaranya berasal dari sektor kehutanan.

“Dalam hal pencapaiannya, Indonesia akan bekerja dengan lima sektor primer, yakni kehutanan, energi, pertanian, limbah dan transportasi,” kata Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya di Yogyakarta, Senin (23/4/2018).

Di sela-sela pembukaan ‘The 3rd Asia Pacific Rainforest Summit 2018’ di Yogyakarta, Siti Nurbaya mengatakan, kawasan pesisir juga tidak lepas dari perhatian. Indonesia, jelasnya, memiliki 2,9 juta hektare kawasan hutan mangrove.

Ekosistem mangrove, ujarnya, memiliki peran penting pada adaptasi perubahan iklim.

“Konservasi mangrove ini juga memiliki nilai ekonomi bagi masyarakat. Selain itu juga berkontribusi untuk mencapai target penurunan Gas Rumah Kaca,” kata Siti.

Sedang terkait aspek perlindungan kepada masyarakat, Indonesia telah melaksanakab program perhutanan sosial yang memberi akses legal kelola hutan kepada masyarakat.

Dikatakan sampai 2019 Indonesia menargetkan 4,2 juta hektare dari total 12,7 juta hektare hutan melalui skema hutan adat, hutan desa, hutan kemasyarakatan, hutan tanaman rakyat dan kemitraan kehutanan.

“Program ini bertujuan untuk memperbaiki ekonomi, ekologi dan memberikan keuntungan sosial bagi masyarakat,” ujarnya. (AF)

KOMENTAR
Tags
Lihat selanjutnya
Close