Sistem Noken dalam Pemilihan Kepala Daerah

05:00
175

Redaksi yang terhormat,

Saat ini kita sedang menghadapi tahun politik, dimana akan diselenggarakan pemilihan kepala daerah serentak di beberapa daerah di Indonesia mulai dari wali kota, bupati dan gubernur.

Setahu saya dalam pemilihan harus berpegang pada asas langsung, umum, bebas dan rahasia dan pemilik hak suara harus datang sendiri ke Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Tetapi asas tersebut ternyata tidak berlaku untuk seluruh Indonesia dan masih ada yang berpegang pada nilai-nilai lokal sebagaimana di Papua yang dikenal dengan nama “Sistem Noken”

Apa yang yang dimaksud sistem Noken dan bagaimana sistem penyelenggaraan pemungutan suaranya serta apa dasar hukumnya?

Praja, Jakarta

Jawaban:
Sebelum menjawab pertanyaan Anda, kami sampaikan dulu pengertian noken dan sistem noken.

Noken adalah berupa tas yang digunakan sehari hari-hari oleh masyarakat asli Papua untuk membawa barang yang ditenteng yang terbuat dari anyaman tali (benang) yang berasal dari akar pepohonan.

Sedangkan noken dalam Pilkada maupun pemilihan presiden berfungsi sebagai pengganti kotak suara yang digantungkan pada salah satu kayu. Dalam masyarakat adat untuk memilih pemimpin mengutamakan musyawarah untuk mencapai mufakat sehingga lahir dua sistem cara memilih pemimpin yakni sistem big man (kepala suku) dan sistem gantung atau sistem ikat.

Yang dimaksud sistem big man adalah sistem pemungutan suara yang hak suaranya diserahkan kepada kepala suku atau ketua adat. Sedangkan sistem gantung atau sistem ikat adalah sistem dimana warga sepakat untuk menentukan pilihan yang didasarkan pada musyawarah adat untuk memilih siapa yang dihendaki warga. Lalu pemilik suara datang sendiri ke TPS dengan cara memasukan surat suara ke noken yang sudah digantung pada kayu.

Walaupun sistem noken merupakan nilai-nilai budaya yang lahir di Papua, tetapi tidak semua wilayah Papua menggunakannya, hanya terbatas pada daerah-daerah di wilayah pegunungan antara lain Kabupaten Puncak Jaya, Kabupaten, Yahukimo, Kabupaten Tolikara, Kabupaten Mamberamo Tengah, Kabupaten Lani Jaya, Kabupaten Nduga, Kabupaten Intan Jaya.

Sistem noken adalah solusi untuk tetap menghormati nilai-nilai yang hidup di masyarakat dan akan tetap berlaku sepanjang masih digunakan oleh masyarakat adat.

Comments

comments