Sirkuit Mandalika Terapkan Aspal Kelas Dunia

Sirkuit Mandalika Terapkan Aspal Kelas Dunia
Expat Life in Indonesia

JAKARTA, SENAYANPOST.comChief Strategic and Communication Officer Mandalika Grand Prix Association (MGPA) Happy Harinto memastikan MotoGP Indonesia di Sirkuit Mandalika di Nusa Tenggara Barat (NTB) bakal memakai aspal kelas dunia.

Happy menjelaskan jika konsultan MGPA berasal dari Inggris. Hal itu dilakukan supaya proses pengerjaan sirkuit berjalan dengan semestinya untuk bisa mendapatkan persetujuan atau holomogasi sirkuit dari Dorna.

"Aspal yang kami pakai untuk sirkuit Mandalika menggunakan LCD (Local Content Development) sebanyak 80 persen yang diolah dengan AMP (Asphalt Mixing Plan) yang memiliki kapasitas 250 ton per jam dan 20 persen lainnya dicampur dengan produk impor untuk lapisan atas dengan satu kali mixing."

"Artinya dengan campuran aspal atas yang memiliki kualitas maksimal akan menjadikan trek ini sesuai standar sirkuit kelas A internasional," jelas Happy dikutip dari CNNIndonesia.com, Kamis (17/12).

Selain itu, MGPA lanjut Happy, menggunakan produk khusus Shell Cariphalte race track. Penggunaan ini sudah terbukti sebagai campuran aspal yang memiliki performa tinggi dan sudah banyak dipakai di sirkuit seluruh dunia seperti Malaysia, Italia, hingga Jerman.

Baca Juga

Sementara itu, CEO Dorna Carmelo Ezpeleta menyebut MotoGP Indonesia di Sirkuit Mandalika membuat tim pabrikan sangat tertarik tampil menjajal sirkuit jalan raya pertama tersebut. Bahkan Ezpeleta menyebut MGPA sedang membangun sirkuit yang spektakuler.

Menanggapi hal itu, Happy menyebut semua pabrikan MotoGP mendukung Indonesia menjadi bagian dari seri penyelenggaraan balap motor dunia.

"Sudah pernah kami publikasikan beberapa bulan lalu di sosial media kami bagaimana mereka semua mendukung kami," tutupnya.

Dalam video tersebut para pembalap MotoGP tampak antusias dan tidak sabar untuk bisa beraksi di sirkuit jalan raya pertama pada ajang MotoGP. Antusiasme itu ditunjukkan oleh Alex Rins, Valentino Rossi, Espargaro bersaudara, Marc Marquez, hingga Fabio Quartararo.