Ekonomi

Sinergi PLUT-KUMKM Dipastikan Serap Dana LPDB

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Asisten Deputi Pendampingan Usaha Kementerian Koperasi dan UKM Eviyanti Nasution mengatakan Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT)-KUMKM telah menyiapkan konsultan-konsultan terbaik untuk penyerapan dana bergulir.

Dirinya mengatakan di tiap-tiap PLUT-KUMKM akan ada tujuh konsultan di tingkat provinsi dan lima konsultan di setiap kabupaten atau kota.

“Konsultan-konsultan tersebut sebagian besar telah melalui uji kompetensi sehingga kinerjanya diharapkan benar-benar optimal,” kata Eviyanti, dalam keterangan tertulis, di Jakarta, Rabu (3/10/2018).

PLUT-KUMKM yang berada di bawah koordinasi Kementerian Koperasi dan UKM, sambungnya, akan bekerja untuk memberikan pendampingan kepada pelaku koperasi dan UMKM guna mendapatkan dana bergulir dari LPDB-KUMKM.

Sementara itu, Direktur Utama Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (LPDB-KUMKM) Braman Setyo mengungkapkan optimis penyaluran LPDB-KUMKM tahun ini akan terserap dengan adanya sinergi bersama PLUT-KUMKM.

“LPDB merupakan lembaga penyalur dana bergulir yang mendapatkan anggaran dari pemerintah tahun ini sebesar Rp 1,2 triliun,” kata Braman Setyo.

Sebelumnya, Braman Setyo mengikuti Kegiatan Sinergitas Layanan Informasi LDPB-KUMKM dengan PLUT KUMKM di Semarang.

Braman mengaku optimis LBDB-KUMKM akan digunakan sebagai instrumen andalan untuk koperasi dan UMKM ketika membutuhkan dana guna pengembangan usaha, dengan bunga yang masih relatif rendah.

Untuk meningkatkan penyerapan pinjaman/pembiayaan, LPDB-KUMKM melakukan sinergi dengan PLUT-KUMKM yang menyediakan tenaga pendamping dengan memanfaatkan layanan konsultasi dan pendamping untuk dapat meningkatkan akses terhadap pembaiayan, pemasaran, IT dan jaringan usaha.

“Pertama dengan 13 pusat layanan usaha terpadu di seluruh Indonesia ada di Jawa dan Kalimantan Barat dan targetnya akan ada 56 PLUT,” katanya. (JS)

KOMENTAR
Tags
Show More
Close