Simak Rekomendasi Saham 'Cuan' Siang Ini

Simak Rekomendasi Saham 'Cuan' Siang Ini
IHSG

JAKARTA, SENAYANPOST.com - Analis prediksi Indeks Harga Saham Gabungan alias IHSG hari ini, Selasa 15 Juni 2021 akan bergerak turun. Meski demikian, sejumlah saham menjadi pilihan analis untuk memberikan cuan pada trading hari ini.

Seperti diketahui, IHSG ditutup melemah 0,25% setara dengan 15,11 poin ke level 6.080,38 pada Senin (14/6). Penurunann IHSG dipimpin oleh saham-saham sektor industri (-2,27%), transportasi (-1,94%) dan konsumsi primer (-1,51%).

Lanjar Nafi Analis Reliance Sekuritas prediksi IHSG hari ini  akan melemah karena investor mencari langkah aman dari penguatan IHSG di pekan lalu. Selain itu, menurut Lanjar, pemulihan ekonomi Indonesia masih akan terancam karena lonjakan kasus Covid-19 dan adanya taper tantrum yang terjadi di AS.

Investor asing tercatat melakukan aksi beli bersih sebesar Rp 337,39 miliar. Dimana saham yang banyak dibeli investor (net buy) asing diantaranya saham BBRI, MDKA, BMRI, TLKM dan GGRM.  

Lanjar mengatakan, pergerakan IHSG hari ini (15/6) secara teknikal mengkonfirmasi pola bearish counter attack dan false break resistance dengan pelemahan menguji kembali support moving average 5 hari. Indikator Stochastic dan RSI menjenuh pada area dekat overbought dengan MACD bergerak pada kondisi overvalue. 

Sehingga secara teknikal, Lanjar prediksi IHSG hari ini masih dapat berpotensi melemah dengan support resistance 6.050 - 6.096.

Di tengah prediksi IHSG melemah, Lanjar rekomendasi sejumlah saham pilihan untuk trading hari ini. Secara teknikal diantaranya, rekomendasi saham pilihan hari ini meliputi ACES, ASRI, BNGA, BSDE, INTP, JSMR, PWON, SMRA, UNVR.

Bursa Asia ditutup naik di saat beberapa wilayah Asia libur bursa. Investor bersiap mengadakan pertemuan penting The Fed di akhir pekan ini untuk mengambil prospek arah kebijakan selanjutnya.

Penguatan bursa Eropa dipimpin saham perusahaan energi kembali optimis. Minyak memperpanjang kenaikan tiga mingguannya di tengah optimisme bahwa pembukaan kembali ekonomi akan meningkatkan permintaan musim panas di AS dan Eropa. 

Selanjutnya, Lanjar mengatakan, investor akan menanti hasil Uni Eropa-AS KTT berlangsung di Brussel dan data produksi industri AS, harga produsen dan penjualan ritel pada Selasa. Dari dalam negeri data aktifitas perdagangan Indonesia beserta data impor dan ekspor akan menjadi katalis pada perdagangan selanjutnya.

Itulah prediksi IHSG hari ini, Selasa 15 Juni 2021 dan rekomendasi saham pilihan untuk trading. Ingat, disclaimer on, segala risiko investasi atas rekomendasi saham di atas menjadi tanggung jawab Anda sendiri. Semoga cuan!