Sikap Cuek Polri soal WNI Buron Ditangkap di AS Disayangkan IPW

Sikap Cuek Polri soal WNI Buron Ditangkap di AS Disayangkan IPW

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Sikap Polri yang terkesan cuek terkait penangkapan dua buronan warga negara Indonesia (WNI) Indra Budiman dan Sai Ngo NG di Amerika Serikat disayangkan Indonesia Police Watch (IPW).

Padahal, kata Ketua Presidium IPW Neta S Pane, kedua WNI itu telah menjadi buronan Polri selama 25 tahun.

“Tapi kenapa setelah tertangkap Polri seperti tidak peduli untuk menjemput dan membawanya ke Indonesia,” kata Neta dalam keterangannya, Rabu (5/8/2020).

Neta membandingkan sikap Polri di kasus ini dengan kasus Djoko Tjandra. Polri memilih menjemput langsung bahkan oleh Kabareskrim Polri Komjen Listyo Sigit Prabowo.

Disampaikan Neta, dari informasi yang diperoleh IPW, saat ini kedua buronan itu sedang ditahan di Dallas. Keduanya juga sedang diperiksa oleh pihak otoritas keamanan AS.

Neta menerangkan penangkapan itu berawal dari informasi disampaikan otoritas keamanan AS bahwa ada dua buronan Indonesia yang berada di AS. Keduanya ditangkap oleh pihak imigrasi AS (ICE) di wilayah kerja Konjen RI di Huston.

“Mendengar informasi itu, pihak KBRI langsung melakukan koordinasi agar kedua buronan itu bisa dibawa pulang ke Indonesia. Namun sayangnya pihak Mabes Polri maupun NCB Interpol Polri belum ada upaya untuk menjemput kedua buronan itu,” tutur Neta.

Sikap Polri tersebut, lanjut Neta, menjadi hambatan dan sampai saat ini otoritas keamanan AS belum memberi akses untuk bertemu dengan kedua buron tersebut.

“Sikap lamban Polri ini sangat disesalkan,” ucap Neta.

Kadiv Humas Polri Irjen Argo Yuwono saat dihubungi kemarin mengaku belum mendapatkan informasi terkait penangkapan dua buron ini

“Belum dapat info,” kata Argo.

Sebelumnya, penangkapan kedua buronan ini dibenarkan oleh juru bicara Kementerian Luar Negeri RI, Teuku Faizasyah. Dia mengatakan Konsul Jenderal RI di Houston, Texas, sudah melaporkan penangkapan kedua WNI tersebut ke Jakarta.

Namun, Faizasyah belum bisa menjelaskan rinci detail ihwal penangkapan kedua WNI tersebut di AS.

“Konsul Jenderal RI di Houston sudah laporkan ini ke pusat. KBRI Washington DC atau KJRI Houston akan keluarkan rilis. Detailnya tunggu rilis,” kata Faizasyah saat dikonfirmasi CNNIndonesia.com melalui pesan singkat. (WS)