Lintas Daerah

Sidoarjo Miliki Satu Kampung Bebas Narkoba

SIDOARJO, SENAYANPOST.com – Prihatin akan peredaran narkoba yang sudah menjarah di kawasan kampung, Wakil Bupati Sidoarjo, Nur Ahmad Syaifuddin mengajak kepada masyarakat untuk bersama-sama membangun komitmen menyatakan perang terhadap penyalahgunaan narkoba.

Hal ini disampaikan Wakil Bupati saat acara Deklarasi Kampung Bebas Narkoba di RT 23, RW 07, Kelurahan Sekaradangan, Kecamatan/Kabupaten Sidoarjo, Sabtu, (30/3/2019).

“Mari menyatukan persepsi narkoba adalah musuh bersama. Mari memberikan pencerahan kepada masyarakat kalau narkoba ini musuh besar dan musuh kita bersama. Makanya harus diperangi bersama,” terang Wabup Nur Ahmad Syaifuddin.

Lebih jauh, Wabup yang akrab dipanggil Cak Nur ini berharap kampung Sekardangan menjadi percontohan bagi kampung lain. Selain itu, masyarakat lebih antusias menjaga lingkugan lebih sehat dan bebas narkoba.

“Urusan narkoba ini bukan hanya urusan aparat penegak hukum dan pemerintah saja. Tapi masyarakat harus bersama-sama menjaga kampungnya dari bahaya narkoba,” pintanya.

Kapolresta Sidoarjo, Kombes Pol Zai Dwi Nugroho menjelaskan Kampung Sekardangan menjadi kampung kali pertama di Sidoarjo yang mendeklarasikan diri sebagai Kampung Bebas Narkoba. Baginya komitmen masyarakat RT 23, RW 07, Kelurahan Sekardangan untuk perang terhadap narkoba patut diacungi jempol serta bisa menjadi role model yang bisa dicontoh kampung lainnya.

“Kampung yang dinyatakan bebas narkoba adalah kampung yang masyarakatnya tidak pernah tersangkut kasus narkoba. Selain itu warga kampung itu memiliki komitmen bersama memerangi narkoba,” tegasnya.

Kapolresta Kombes Pol Zain menilai kasus hukum yang paling banyak ditangani saat ini adalah kasus penyalahgunaan narkoba. Berdasarkan datanya dari 200 tersangka 60 persen diantaranya karena kasus narkoba. Pihaknya berharap dengan adanya deklarasi ini bisa dicontoh kampung lain.

“Kampung Sekardangan ini menjadi kampung pertama di Sidoarjo yang berani menyatakan deklarasi bebas narkoba. Ini menunjukkan warganya memiliki komitmen dan peduli kuat terhadap kesehatan lingkungan,” pungkasnya. (MU)

KOMENTAR
Tags
Show More
Back to top button
Close
Close