Sidang Tahunan MPR Dan Pidato Kenegaraan Presiden Akan Dipersingkat Imbas Corona

Sidang Tahunan MPR Dan Pidato Kenegaraan Presiden Akan Dipersingkat Imbas Corona

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Jumat (14/8) ini akan digelar sidang tahunan MPR dan pidato kenegaraan Presiden dalam rangka HUT Kemerdekaan ke-75 RI dalam sidang bersama DPR-DPD.

Nantinya, sidang tersebut akan dipersingkat.

Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad membenarkan waktu sidang akan dipersingkat. Hal ini dilakukan untuk menjaga kesehatan dan protokol kesehatan yang hadir dalam sidang tersebut.

“Ya, karena adanya protokol Covid-19 memang, ada penyederhanaan-penyederhanaan beberapa protokol. Tapi saya pikir tidak mengurangi makna atau acara itu tersebut,” ujar Dasco di Gedung Nusantara III, Komplek Parlemen, Senayan, Kamis (13/8/2020).

Dia menerangkan, teknis sidang tahunan dan pidato kenegaraan Presiden besok akan dilakukan secara offline dan online. Mengingat, adanya protokol kesehatan yang masih melarang adanya kerumunan dalam jumlah besar.

“Besok itu, kombinasi fisik dan virtual. Jadi, tidak semua anggota DPR datang dan memang sudah dipilih mewakili fraksi-fraksi, dan sesuai dengan protokol kesehatan yang ketat,” paparnya.

Sedikitnya, dalam sidang tahunan ini akan dihadiri oleh 300-an anggota parlemen secara fisik. Kemudian, anggota yang hadir wajib melampirkan hasil swab test.

“Semua anggota DPR yang masuk dalam daftar itu sudah menjalani wajib swab test semua, seperti juga para rekan-rekan wartawan semua melakukan swab test mematuhi aturan protokol Covid-19 yang akan diterapkan selama acara berlangsung,” tandasnya.