Hukum

Sidang MK Dibikin Bingung Lantaran Tim 02 Tarik Dua Saksi yang Disumpah

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Terjadi momen yang membuat para pihak di persidangan di Mahkamah Konstitusi (MK) mendadak bingung. Penyebabnya, ada 2 saksi yang sudah disumpah oleh MK, tapi ternyata tak diakui oleh pemohon (Tim Prabowo-Sandi) yang mengajukan saksi.

Permasalahan bermula saat tim 02 menyampaikan ada 2 saksi yang akan memberi kesaksian tapi belum disumpah, yaitu Said Didu dan Haris Azhar.

Majelis hakim dan para pihak heran, pasalnya saksi yang disumpah tadi pagi jumlahnya sudah maksimal (17 orang), tidak bisa ditambah.

Majelis hakim mencatat pada awal sidang, sudah ada 15 saksi dan 2 orang ahli yang disumpah. Artinya, jika Haris Azhar dan Said Didu datang jumlah saksi menjadi 19 orang.

Tim Hukum Prabowo-Sandi menjelaskan sebetulnya ada 2 saksi yang dicoret karena akan diganti Said Didu dan Haris Azhar, yaitu Risda Mardiana dan Betty Kristiana. Tapi faktanya dua saksi ini ternyata ikut disumpah. Tim Prabowo bingung.

Sidang pun dibuat bingung: Sebenarnya berapa orang saksi yang disumpah pagi tadi, untuk mencari kejelasan 2 orang yang akan ditarik itu ikut disumpah atau tidak.

“Kami tidak tahu bahwa Betty masuk juga ke ruang sidang itu, karena kami sudah sampaikan sejak awal ke panitera ini kita ganti Haris Azhar dan Said Didu,” kata pengacara 02, Teuku Nasrullah, saat sidang di MK, Jakarta Pusat, Rabu (18/6) yang dikutip dari kumparan.

“Saudara jangan salahkan mahkamah, Saudara yang bertanggung jawab menyeleksi itu. Mahkamah sejak awal menegaskan 15 saksi itu terserah pada pemohon siapa yang terpilih,” timpal hakim Suhartoyo.

Suhartoyo mengatakan mahkamah tidak masalah ada saksi ditarik, tapi tidak boleh ditambah. “Kalau pemohon ingin menarik Betty dan Kristiana tidak ada masalah, tetapi tidak diganti,” lanjutnya.

Sempat ada usul agar video pembacaan saksi diputar ulang, namun tak jadi. Akhirnya setelah perdebatan, diyakini saksi yang disumpah itu adalah 15+2 orang. Ada 2 orang yang harusnya tak disumpah malah disumpah karena tim 02 juga tak menyadari.

Tim hukum 02 pun dikritik oleh pihak termohon (KPU) dan terkait (Jokowi-Ma’ruf). Tim 02 dianggap tidak konsisten dalam mengajukan nama-nama saksi.

“Kalau ada yang mengundurkan diri tentu sejak awal secara formil disampaikan, dari awal tidak ada, Yang Mulia. Untuk itu kami dari kuasa hukum pihak terkait keberatan,” kata kuasa hukum TKN, Taufik Basari.

“Keberatan pemohon dan pihak terkait dicatat dan akan kami bahas nanti setelah kita skors dulu,” jawab hakim Anwar Usman.

Usai skorsing, akhirnya mahkamah menerima saksi yang diajukan dan membatalkan 2 saksi yang sudah disumpah. Tapi hanya Said Didu yang diajukan karena Haris Azhar mengundurkan diri.

KOMENTAR
Tags
Show More
Close