Sidang Alih Fungsi Hutan, Zulhas Bersaksi untuk Terdakwa Suheri Tirto

Sidang Alih Fungsi Hutan, Zulhas Bersaksi untuk Terdakwa Suheri Tirto

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Zulkifli Hasan (Zulhas) memenuhi undangan panggilan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sebagai saksi dalam persidangan lanjutan kasus terdakwa Suheri Tirta yang digelar secara daring (online).

Suheri Tirta merupakan terdakwa dalam kasus perkara dugaan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) pengajuan revisi alih fungsi hutan di Riau yang juga menjerat tersangka Anas Maamun, mantan Gubernur Provinsi Riau.

Zulhas sudah tiba sejak pagi di Gedung KPK Merah Putih, Jalan Kuningan Persada, Kuningan, Jakarta Selatan. Zulhas sempat menunggu beberapa jam sebelum akhirnya bersaksi dalam persidangan secara daring.

Persidangan dimulai pada sekitar pukul 14:15 WIB, Zulhas tampak terlihat mengenakan pakaian kemeja warna putih. Dalam persidangan ini, Zulhas bersaksi dalam kapasitasnya sebagai mantan Menteri Kehutanan Republik Indonesia.

Pelaksana Tugas (Plt) Juru Bicara KPK Ali Fikri mengatakan Zulhas bersaksi untuk terdakwa Suheri Tirto. Ali menjelaskan persidangan dilaksanakan secara online dari berbagai lokasi yang berbeda.

”Zulkifli Hasan akan bersaksi dialam persidangan untuk terdakwa Suheri Tirto,” kata Ali Fikri kepada wartawan di Gedung KPK Jakarta, Selasa (11/8/2020).

Ali menjelaskan dalam persidangan kali ini, Ketua dan Anggota Majelis Hakim berada di Gedung Pengadilan Negeri (PN) Tipikor Pekanbaru (Riau).

Sedangkan terdakwa, penasehat hukum, Jaksa Penuntut Umum (JPU) KPK dan saksi Zulhas berada di Gedung KPK Jakarta. Sedangkan saksi Anas Maamun berada di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Sukamiskin, Bandung, Jawa Barat. (Jo)