Siapkan Digitalisasi Aksara Jawa, Menkominfo Temui Sultan HB X

Siapkan Digitalisasi Aksara Jawa, Menkominfo Temui Sultan HB X
Menkominfo Johnny G. Plate (foto merdeka.com)

JAKARTA, SENAYANPOST.com - Gubernur DIY, Sri Sultan HB X dan Menkominfo Johnny G Plate bertemu di Kantor Gubernur DIY, Kota Yogyakarta, Jumat (16/10/2020).

Dalam pertemuan ini keduanya membahas sejumlah permasalahan. Salah satunya mengenai digitalisasi aksara Jawa.

Johnny menuturkan bahwa digitalisasi aksara Jawa ini sedang dalam proses persiapan. Nantinya digitalisasi aksara Jawa salah satunya akan berkaitan dengan prasasti-prasasti peninggalan leluhur.

"Digitalisasi aksara Jawa ini begitu pentingnya agar semua yang ada di prasasti-prasasti peninggalan budaya tinggi yang kita miliki dan peninggalan luhur kita bisa juga dipahami dan dimengerti generasi masa kini dan generasi masa depan kita," ujar Johnny.

Johnny menerangkan selain aksara Jawa, nantinya sejumlah aksara lain di Indonesia akan didigitalisasi pula. Dia menuturkan dalam pembicaraannya dengan Sultan HB X juga membahas perencanaan dan menyiapkan SDM untuk mendukung digitalisasi.

"Saya mengucapkan terima kasih karena Sultan memberikan dukungan yang tinggi. Bahkan mengajak memanfaatkan beberapa fasilitas yang dimiliki pemerintah daerah untuk membantu kelancaran mempersiapkan digital talent Indonesia khususnya di Yogyakarta," ungkap Johnny.