Siap-siap, Tarif Menyebrang Merak-Bakauheni Akan Naik 45 Persen

Siap-siap, Tarif Menyebrang Merak-Bakauheni Akan Naik 45 Persen

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Tarif angkut penyebrangan Merak-Bakauheni akan naik cukup besar, yakni mencapai 45 persen. Kenaikan ini mulai diterapkan pada Desember setelah dilukan pembahasan dengan instansi terkait.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menjelaskan bahwa kenaikan tersebut tidak dilakukan secara langsung. Pemerintah akan memberlakukan kenaikan kapal penyebrangan tersebut secara bertahap.

Menurut Menhub, selama ini menang tarif tersebut sudah tidak pernah naik selama lima tahun. Meski demikian, rencana kenaikan tarif angkut penyebrangan itu juga masih dibahas bersama Menko Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan.

[ads2[

“Tarif itu sudah 5 tahun nggak naik. Kalau dihitung secara ekonomi, mestinya naiknya tinggi sekali sampai 45%. Oleh karenanya kita akan naiknya secara bertahap. Sekarang lagi dibahas dengan Pak Menko,” ujar Budi di Komplek Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (20/11/2019).

Budi memastikan bahwa pemerintah masih membahas rencana kenaikan tarif angkut penyeberangan di Indonesia. Rencananya kenaikan itu akan berlangsung 1 Desember 2019.

Budi melanjutkan, tarif angkut Merak-Bakauheni rencananya akan naik sebesar 10% terlebih dahulu. Kemudian, pemerintah akan kembali menaikkan tarif tersebut pada tahun depan.

“Umpamanya 10% dulu (kenaikan) atau 15% dulu. Tahun depan lagi. Jadi bertahap,” tandasnya.