Ekonomi

Siap Serap Ribuan Tenaga Kerja, Tol Bertingkat Terpanjang RI Groundbreaking Juli

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Peletakan batu pertama (groundbreaking) proyek Tol Harbour Road II yang menghubungkan Ancol Timur-Pluit sepanjang 9,6 km akan dilakukan pada Juli 2020. Tol ini akan membentang di atas Tol Layang Barbour I eksisting ruas Pluit-Ancol-Tanjung Priok, sehingga dikabarkan akan menjadi jalan tol bertingkat (double decker) terpanjang di Indonesia.

Direktur Utama PT Citra Waspphutowa, Jusuf Hamka, menjanjikan pengerjaan proyek Tol Harbour Road II bakal menyerap ribuan tenaga kerja.

“Nanti mungkin kita akan groundbreaking pertengahan bulan atau akhir bulan ini. Mudah-mudahan groundbreaking itu bisa mulai, kita bisa menyerap tenaga kerja ribuan orang,” kata Jusuf di Gerbang Tol Sawangan 4, Depok, Jumat (3/7/2020).

Jalan Tol Harbour Road II merupakan akses sambungan dari Jalan Tol Dalam Kota menuju kawasan Tanjung Priok, yang kini terhubung dengan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR).

Dalam pembangunannya, CMNP akan bekerjasama dengan PT Wijaya Karya (Persero) Tbk dan PT Girder Indonesia. Kesepakatan antara CMNP dengan kedua kontraktor tersebut terjadi pada 2018 melalui penandatanganan Head of Agreement pembangunan Harbour Road II.

Presiden Joko Widodo meresmikan langsung pengoperasian jalan Tol Akses Tanjung Priok hari ini, Sabtu (15/4). Dalam sambutannya Jokowi menyebut tol ini akan dilalui 3.600 mobil kontainer setiap harinya, dan ini akan meningkatkan daya saing Indonesia.

“Tol akses Tanjung Priok ini dilewati 3.600 kontainer per hari, sebuah lalu lalang yang besar sekali. Ini memberikan daya saing percepatan pelayanan kita dari dan ke pelabuhan Tanjung Priok. Kita harus ingat pelabuhan Tanjung Priok adalah pelabuhan utama,” katanya saat peresmian Jalan Tol Akses Tanjung Priok, Jakarta, Sabtu (15/4).

Dengan adanya akses langsung ke Pelabuhan Tanjung Priok ini, menurut Jokowi akan memudahkan kontainer masuk ataupun keluar. Sebab, menurut Mantan Gubernur DKI Jakarta, Pelabuhan Tanjung Priok pelabuhan utama di Indonesia.

“Semuanya ngumpul di sini. Begitu di sini tidak lancar tidak cepat semua akan jadi lambat. Alhamdulillah siang hari ini segera bisa dioperasikan ke Tol Tanjung Priok,”

“Kecepatan kontainer untuk masuk ke kapal dan kecepatan kapal keluar Pelabuhan Tanjung Priok bisa dilayani dengan baik. Aaya ingin di manfaatkan dalam rangka meningkatkan daya saing produk-produk Indonesia,”

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo optimis kapal-kapal besar akan mulai merapat di Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta. Hal ini menyusul upaya perbaikan pelayanan yang terus dilakukan baik pemerintah maupun operator.

“Sebentar lagi atau pekan depan, akan ada kapal besar berukuran 10.000 TEUs(twenty feet equivalent unit) yang masuk ke Tanjung Priok,” kata Presiden Jokowi ketika meresmikan pengoperasian Jalan Tol Akses Pelabuhan Tanjung Priok di Jakarta Utara, Sabtu (25/4).

Jokowi berharap, beroperasinya kapal besar di Pelabuhan Tanjung Priok dapat meningkatkan daya saing Indonesia dan akan mengurangi biaya transportasi. “Kita harapkan arus keluar masuk barang di pelabuhan dapat berlangsung cepat,” katanya.

KOMENTAR
Tag
Show More
Back to top button
Close
Close