Metropolitan

Setelah Bandung, Penderita HIV/AIDS di Kota Bekasi Tertinggi di Jabar

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Orang dengan HIV/AIDS di Kota Bekasi menempati urutan kedua terbanyak di Jawa Barat setelah Kota Bandung. Jumlahnya mencapai 1.000 jiwa. Rata-rata tingginya angka orang dengan HIV/AIDS (ODHA) itu disebabkan pergaulan bebas.

“Memang kedua terbanyak sekarang. Untuk itu, tugas kita semua untuk memberikan motivasi buat mereka agar bisa mematikan penyebaran virus tersebut,” kata Wakil Wali Kota Bekasi, Tri Adhianto.

Menurut dia, pemerintah sudah berupaya melakukan pendampingan kepada seluruh ODHA. Salah satunya, dengan cara mengedukasi masyarakat agar tidak mengucilkan atau menjauhkan penderitanya.

Tingginya penyebaran HIV AIDS di Kota Bekasi, kata Tri, karena dipengaruhi struktur lingkungan, seperti pergaulan bebas, yang membuat orang terpapar virus mematikan itu.

“Karena penyebarannya kan dari jarum suntik juga ada, dan seks bebas,” ujarnya.

Pemerintah Kota Bekas bukan hanya mencegah penyakitnya, tetapi menjaga komitmen peningkatan kesadaran serta meminimalisasi penyebaran HIV/AIDS yang sudah begitu meresahkan. Di sisi lain, stigma negatif tentang ODHA pun perlu dihilangkan.

Sebab, penyakit tersebut tidak hanya berakibat melemahkan kekebalan tubuh, juga mengguncang psikologis penderitanya. Bagi keluarga, efek negatif juga terjadi karena HIV/AIDS dianggap sebagai aib, sehingga mereka perlu menyembunyikannya dari siapa pun.

KOMENTAR
Tags
Show More
Back to top button
Close
Close